PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE JIGSAW DI SMP MUHAMMADIYAH KOTA PADANGSIDIMPUAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan pembelajaran konvensional, (2) interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah kota Padangsisimpuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan pre-test-post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Kota Padangsidimpuan, sedangkan sampelnya terdiri 30 siswa pada kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa pada kelas VII-3 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan melalui teknik purpose sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis siswa, angket disposisi matematis siswa. Pengujian hipotesis statistik dalam penelitian ini menggunakan uji ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peningkatan kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional. Hasil rerata peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan pembelajaran konvensional masing-masing sebesar 0,64 dan 0,65, dan rerata peningkatan disposisi matematis siswa masing-masing sebesar 0,43 dan 0,45. (2) terdapat interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/paradikma.v10i2.8697
Article Metrics
Abstract view : 173 timesPDF - 530 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published By: Study Program of Mathematics Education Postgraduate Program of UNIMED This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License | Visit us at: |