PENINGKATAN KEMAMPUAN SPASIAL DAN SELF EFFICACY SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BINJAI KABUPATEN LANGKAT MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI GEOMETRI BERBANTUAN WINGEOM

Lilis . Saputri, Hasratuddin . ., Edi . Syahputra

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan spasial dan self efficacy siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Binjai Kabupaten Langkat, sedangkan sampelnya terdiri dari 39 siswa pada kelas VIII-a dan 39 siswa pada kelas VIII-b. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan awal matematika, pretes dan postes kemampuan spasial, serta angket self efficacy. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi dengan reliabilitas  untuk kemampuan awal matematika, dan  untuk tes kemampuan spasial, serta  untuk self efficacy. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis inferensial data dilakukan dengan ANAVA Dua Jalur dan deskriptif ditujukan untuk mendeskripsikan proses jawaban siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan spasial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) peningkatan kemampuan spasial siswa yang diajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan wingeom lebih tinggi daripada yang diajarkan dengan pembelajaran biasa, (2) peningkatan self efficacy siswa yang diajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan wingeom lebih baik daripada yang diajarkan dengan pembelajaran biasa, (3) tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika siswa dan model pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan spasial siswa, (4) tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika siswa dan model pembelajaran terhadap peningkatan self efficacy siswa, (5) Proses jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan spasial yang diajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan wingeom lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran biasa. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan wingeom dijadikan alternatif bagi guru untuk meningkatkan kemampuan spasial dan self efficacy siswa.

Kata kunci : kemampuan spasial, self efficacy, serta proses jawaban siswa

ABSTRACT

 

Aim of the research are going to know improving spatial ability and self efficacy students. Type of the research used quasi experimental. Population of the research consisted to all students of class VIII SMP Negeri 1 Binjai Kabupaten Langkat, and then  for sampel consisted of 39 students in class VIII-a and 39 students in class VIII-b. Instruments of research used to test of mathematical initial ability, pretest and posttest of spatial ability, and questionnaires of self efficacy. The instrument had been claimed validation content with reliability is  for mathematical intial ability, and  for spatial ability, and  for self efficacy. Data of the research analyzed belongs to inferenstial data used ANOVA two ways and descriptive analysis aim for describing solution of answering process students for finished the test of spatial ability. The result showed that (1) improving spatial ability student which taught by cooperative learning type STAD auxiliary wingeom higher than which are taught by ordinary learning, (2) improving the self efficacy student which taught by cooperative learning type STAD auxiliary wingeom better than which taught by ordinary learning, (3) there’s not interaction between mathematical initial ability and learning models about improving spatial ability students, (4) there’s not interaction between mathematical initial ability and learning models about improving self efficacy students, (5) answering process that  made by students for answering the question about spatial ability students which taught by cooperative learning type STAD auxiliary wingeom better than which taught by ordinary learning. Based on the research suggested to cooperative learning STAD type by wingeom used as be alternative for teacher to improve spatial ability dan self efficacy students

 

Keywords : spatial ability, self efficacy, and answering process students



Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/paradikma.v10i3.8985

Article Metrics

Abstract view : 222 times
PDF - 513 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Published By:
Study Program of Mathematics Education
Postgraduate Program of UNIMED

 
Visit us at: