Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) Disertai Media Gambar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Sel Di Kelas XI MIA SMA Negeri 2 Kabanjahe T.P. 2018/2019
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share (TPS) disertai media gambar terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sel di kelas XI MIA SMA Negeri 2 Kabanjahe tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 2 Kabanjahe yang terdiri atas 6 kelas dengan 2 kelas sampel yang diambil secara purposif sampel. Sampel yang digunakan adalah kelas XI MIA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berjumlah 25 soal sesuai dengan jenis soal berpikir kritis Watson-Glaser Critical Appraisal (W-GCTA) yang dikembangkan oleh peneliti sendiri. Hasil penelitian menunjukkan (1) nilai rata-rata postes kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 76,56 (SD = 8,08). Dibandingkan nilai rata-rata postes kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas kontrol yaitu 71,33 (SD = 8,84). (2) Analisis pengujian hipotesis hasil kemampuan berpikir kritis peserta didik menggunakan uji-t dengan taraf kepercayaan α = 0,05 menunjukkan thitung > ttabel (3,0946 > 1,9967) dan dk = n+n-2 = 70, yang berarti dalam penelitian ini H0 ditolak sedangkan Ha diterima. Dengan demikian menunjukan bahwa ada pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share (TPS) disertai media gambar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.
Kata kunci : Think-Pair-Share (TPS), Media Gambar, Kemampuan berpikir kritis
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v7i4.11136
Article Metrics
Abstract view : 411 timesPDF - 256 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217