UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI KLASIFIKASI MAHKLUK HIDUP DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS VII SMP NEGERI 1 STABAT

Linda Sari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui cara peningkatan hasil belajar IPA pada materi klasifikasi mahkluk hidup dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) di kelas VII SMP Negeri 1 Stabat Kab. Langkat  T.P. 2017/2018; 2) Mengetahui peningkatan hasil belajar IPA pada materi klasifikasi mahkluk hidup di kelas VII SMP Negeri 1 Stabat Kab. Langkat  T.P. 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan dalam kelas meliputi kegiatan pelaksanaan tindakan kelas (PTK) berupa kegiatan refleksi awal dan melakukan observasi untuk mengidentifikasi permasalahan yang terjadi di kelas, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Adapun temuan penelitian PTK ini adalah: 1) Pada Siklus I penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) memperoleh hasil belajar dari 32 orang siswa diperoleh 23 orang yang tuntas dengan 72% dan 9 orang yang tidak tuntas dengan 28%; 2) Pada Siklus II diperoleh hasil belajar dari 32 orang siswa diperoleh 28 orang yang tuntas dengan 88% dan 4 orang yang tidak tuntas dengan 12%. Dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VII SMP Negeri 1 Stabat Kab. Langkat TP. 2017/2018.

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Problem Based Learning (PBL), IPA


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v6i4.11693

Article Metrics

Abstract view : 1179 times
PDF - 741 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217