PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MELALUI PENGGUNAAN LKPD BERBASIS INKUIRI PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa melalui penggunaan LKPD berbasis inkuiri pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di MAN 2 Model Medan. Jenis penelitian ini ada Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan MC.Taggart yang terdiri dari empat komponen yaitu: “perencanaan, implementasi/pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 2 MAN 2 Model Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Objek penelitian ini berupa hasil belajar siswa dalam ranah kognitif dan keterampilan proses sains pada materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan dengan menerapkan LKPD berbasis inkuiri. Hasil penelitian ini adalah penggunaan LKPD berbasis inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa di kelas XI IPA2 MAN 2 Model Medan T.P 2018/2019. Siswa yang sudah mencapai KKM pada siklus I 38,10% siswa dengan nilai rata-rata 75,5. Siswa yang sudah mencapai KKM pada siklus II 85,71% , dengan nilai rata-rata 93,8. Penggunaan LKPD berbasis inkuri dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa (mengamati, bertanya, memprediksi, mengkomunikasi dan menyimpulkan) pada kegiatan pembelajaran Biologi di kelas XI IPA2 MAN 2 Model Medan.
Kata kunci: Hasil belajar, keterampilan proses sains, LKPD, inkuiri
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v6i4.11718
Article Metrics
Abstract view : 429 timesPDF - 415 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217