ANALISIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA KELAS XI PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN SMAN PLUS PROV. RIAU TAHUN AJARAN 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Higher Order Thinking Skills siswa kelas XI SMAN Plus Prov. Riau dalam menyelesaikan masalah pada soal ulangan harian materi sistem pernapasan. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 16 sampai tanggal 23 April 2019. Metode penelitian ini adalah deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah soal Higher Order Thinking Skills pada materi sistem pernapasan dengan kategori C4 (Menganalisis), C5( Mengevaluasi), C6( mencipta) yang dibuat berdasarkan Taksonomi Bloom revisi dan wawancara. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN Plus Prov. Riau sebanyak 99 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Higher Order Thinking Skills siswa kelas XI SMAN Plus Prov.Riau dalam kategori sangat rendah dengan persentase 50,74%. 68,29%, siswa mampu menjawab soal C4 sedangkan untuk soal C5 dan C6 masing-masing sebanyak 33,56% dan 50,37%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siswa SMAN Plus Prov. Riau Tahun ajaran 2018/2019 memiliki Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam kategori sangat rendah.
Kata Kunci : Higher Order Thinking Skills, Hasil Belajar, Sistem pernapasan
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v7i4.14992
Article Metrics
Abstract view : 650 timesPDF - 721 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217