EFEKTIVITAS HANDOUT BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING PADA MATA KULIAH EVALUASI PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN BIOLOGI DITINJAU DARI SEGI HASIL BELAJAR MAHASISWA

Siska Nerita, Yulia Sri Hartati, Annika Maizeli, Aulia Afza

Abstract


Beberapa permasalahan yang ditemukan tentang materi pada mata kuliah Evaluasi Proses dan Hasil Pembelajaran Biologi antara lain mahasiswa merasa kesulitan dalam memahami materi Evaluasi Proses dan Hasil Pembelajaran Biologi karena pada umumnya dosen menyampaikan materi ini hanya menggunakan media power point dan sumber buku cetak dan belum ada sumber belajar yang khusus untuk mata kuliah Evaluasi Proses dan Hasil Pembelajaran Biologi. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan mengembangkan handout berbasis penemuan terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan handout berbasis penemuan terbimbing dari aspek hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D, yakni pada tahap develop untuk melihat keefektifan produk dilihat dari hasil belajar mahasiswa. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir yang terdiri dari 5 butir soal essai. Tes dilakukan oleh seluruh mahasiswa angkatan 2016 Program Studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat yang telah mengambil mata kuliah evaluasi proses dan hasil pembelajaran biologi, dan diolah menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar mahasiswa setelah menggunakan handout adalah 68,7 (efektif). Dapat disimpulkan bahwa handout berbasis penemuan terbimbing telah efektif dilihat dari hasil belajar mahasiswa.


Full Text:

PDF

References


Akani, O. 2017. Effect of Guided Discovery Method on Instruction and Student’s Achievement in Chemistry at the Secondary Shool Level in Nigeria. International Journal of Scientific Research and Education. 5(2): 6226-6234

Dinni, H.N. 208. HOTS (Higher Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika. Hal 170-176.

Karim, A. 2011. Penerapan Metode Penemuan Terbimbing dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. http://jurnal.upi.edu/file/3-Asrul_Karim.pdf.

Nurhidayati, E. 2017. Pedagogi Konstruktivisme dalam Praksis Pendidikan Indonesia. Indonesian Journal of Education Counseling. 1(1):1-14.

Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogjakarta: Diva Press.

Suherman, E. 2003. Common TextBook Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-Universitas Pendidikan Indonesia.

Thiagarajan S, D. S. Semmel, and M. I. Semmel. 1974 Instructional Development for Training Teacher of Exeptional Children. Indiana: Indiana University.

Yulida, R., Kausar, Y. Andriani. 2016. Penggunaan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian. Jurnal Indonesia untuk Kajian Pendidikan. 1(2):198, 189-199.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v8i1.15618

Article Metrics

Abstract view : 284 times
PDF - 231 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217