PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATA KULIAH PRAKTIKUM IPA SD
Abstract
Penelitian bertujuan menghasilkan panduan praktikum IPA SD berbasis keterampilan proses sains yang valid dan praktis agar dapat digunakan dalam pembelajaran pada matakuliah Praktikum IPA SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan model pengembangan Hannafin dan Peck. Tahapan pengembangan ini meliputi tahap: need assessment, design, and development/implementation dimana pada tiap tahapnya dilakukan evaluasi dan revisi. Pengembangan dibatasi pada tahap development yaitu validasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi pengembangan panduan praktikum. Hasil pengembangan di validasi oleh validator terhadap beberapa aspek isi, penyajian dan kegrafikan serta bahasa. Berdasarkan hasil penilaian validator panduan praktikum yang dikembangkan memiliki kategori layak dengan rata-rata 77.5 pada aspek isi, Bahasa, penyajian dan kegrafisan serta keterampilan proses sains.
Full Text:
PDFReferences
Özgelen, S. (2012). Students ’ Science Process Skills within a Cognitive Domain Framework. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 8(4), 283–292. https://doi.org/10.12973/eurasia.2012.846a
Rustaman, N. Y., Dirdjosoemarto, S., Yudianto, S. A., Achmad, Y., Subekti, R., Rochintaniawati, D., & K., M. N. (2003). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Jurusan Biologi FPMIPA UPI.
Sari, P. M., Sudargo, F., & Priyandoko, D. (2017). The Effect of the Practice-Based Learning Model on Science Process Skills and Concept Comprehension of Regulation System. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(2), 191–197. https://doi.org/10.23887/JPI-UNDIKSHA.V6I2.9286
Sari, P. M., & Zulfadewina. (2018). Profile of Science Process Skill Mastery from Pre-service Elementary School Teacher. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(2), 65–72. https://doi.org/10.1021/acs.cgd.5b00135
Setiawati, I., & Handayani. (2018). PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM KIMIA DASAR BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN ASESMEN AUTENTIK DI LABORATORIUM. Quagga, 10(1), 64–71.
Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v8i1.17334
Article Metrics
Abstract view : 868 timesPDF - 619 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217