HIGHER-ORDER THINKING SKILL (HOTS) ANALYSIS OF GRADE IX STUDENTS ON BIOTECHNOLOGY MATERIALS
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Amri, R.F. (2016). Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan Peserta didik Kelas XI Semester Genap SMK Muhammadiyah 2 Metro T.P 2015/2016. Jurnal Pendidikan, 4(1), 46-54.
Andriyani, R & Saputra, N.N. (2020). Optimalisasi kemampuan Higher Order Thingking Skills Mahasiswa Semester Awal melalui Penggunaan bahan Ajar Berbasis Berpikir Kritis. Pendidikan matematika dan IlmuPengetahuan Alam, 8(1), 77-86.
Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Chotimah, U. & Nurdiansyah, E. (2017) Meningkatkan High Order Thinking Skills Mahasiswa Semester III PPKn dalam Pembelajaran Psikologi Sosial melalui Penerapan Metode Six Thinking Hats. Jurnal Civics, 14(1).
Hasanah, U. & Warjanah, (2019). Pengembangan Pembelajaran Literasi Membaca untuk Meningkatkan Daya Baca Siswa. Media Pustakawan, 26(2).
Heong, Y.M., Yunos, J.M., Othman, W., Hassan, R., Kiong, T.T., & Mohamad, M.M. (2012). The Needs Analysis of Learning Higher Order Thinking Skills For Generating Ideas. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 59, 197-203. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.265
Kemendikbud. (2019). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Brfikir Tingkat Tinggi. Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan: Jakarta.
Kemendikbud. (2020). Peta Jalan Pendidikan Indonesia 2020-2035. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia: Jakarta.
Kurniasih, P.D., Nugroho, A. & Harmianto, S. (2020). Peningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan Kerjasama Antar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Media Kokami Di Kelas Iv Sd Negeri 2 Dukuhwaluh. Attadib Journal Of Elementary Education, 4(1).
Marniwati. (2019). Peningkatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Melalui Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) Pada Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Tambusa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(5).
Muspawi, M., Suratno, & Ridwan. (2019) Upaya Peningkatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa Melalui Penerapan Model Inquiri di SMA Negeri 9 Tanjung Jabung Timur. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 19(2), 208-214.
Nurhayati & Lia, A. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa (Higher Order Thinking) dalam Menyelesaikan Soal Konsep Optika melalui Model Problem Based Learning. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 19-126.
Pantas, A.A., Hasruddin, H. & Sipayung, M. (2020) The Influence of Student Learning Style on Higher Order Thinking Skill (HOTS) of Cell Structure and Function Topic. Jurnal Pelita Pendidikan (JPP), 8(1).
Prasetyani, E., Yusuf, H., & Ely, S. (2016). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas XI Dalam Pembelajarann Trigonometri Berbasis Masalah di SMA Negeri 18 Palembang. Jurnal Gantang Pendidikan Matematika FKIP – UMRAH, 1(1), 1-40.
Puspaningtyas, N.A. (2018). Peningkatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Melalui Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) Pada Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 8(2), 134-141.
Saido, G.M., Siraj, S. & Saadallah, O (2015). Teaching Strategies For Promoting Order Thinking Skills: a Case of Secondary Science Teachers. Malaysian Online Journal of Educational Management, 3(4), 16-30.
Sara, S., et al. (2020) Analisis Higher Order Thingking Skills (HOTS) Siswa Kelas VIII pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1).
Setiono, Nuranti, G., & Mira (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Aktivitas Saintifik Dan Visualisasi. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 8(1), 27-31.
Shukla, D. & Dungsungnoen, A.P. (2016). Student’s Perceived Level and Teachers’ Teaching Strategies of Higher Order Thinking Skills; A Study on Higher Educational Institution in Thailand. Journal of Education and Practice, 7(12), 211-219.
Widyastuti, R. (2015). Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika berdasarkan Teori Polya ditinjau dari Adversity Quotient Tipe Climber. Aljabar, 6(2), 183 – 193.
DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v9i2.24759
Article Metrics
Abstract view : 255 timesPDF - 137 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217