SONG AND VIDEO ANIMATION ON VIRUS: MULTIMEDIA TO INCREASE STUDENT'S LEARNING ACHIEVEMENT
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2008). Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Chandra Adhitama Nugraha, S. B. W. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Ranah Psikomotorik Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Kependidikan, 2(2).
Diki, D. (2013). Creativity for Learning Biology in Higher Education. Lux, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.5642/lux.201303.0
Firmanshah, M. I., Jamaluddin, J., & Hadiprayitno, G. (2020). Learning difficulties in comprehending virus and bacteria material for senior high schools. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 6(1), 165–172. https://doi.org/10.22219/jpbi.v6i1.10981
Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pestasi Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Penelitian Pendidikan, 12(1), 90–96.
Hamid, M., Ramadhani, R., Juliana, M., Safitri, M., Munsarif, M., Jamaludin, & SImarmata, J. (2020). Media Pembelajaran. yayasan kita menulis.
Hardiyan, & Fajriyah, I. (2017). Animasi Interaktif Berbasis Multimedia Dalam Mempelajari Lagu-Lagu Nasional. Jurnal Swabumi, 5(2), 142–145.
Hariati, P. N. S., Lily, R., & Islamiani, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Respon Siswa the Effect of Using Animation Video Media on Student Responses in Mathematics Learning on Operating Number of Round Numbers. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JPMS), 6(1), 18–22.
Hastuti, E. N. P. D. (2019). Penggunaan Media Audio-Visual Untuk Meningkatkan Daya Ingat Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas III Di SD Muhammadiyah 16 Surakarta.
Juwita, P., & Nasution, amanda syahri. (2018). Pengaruh Media Lagu Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Sdit Ash-Sholihin. Jurnal Bahasa, Sastra Dan Budaya, 2(2).
Laila, F., Malahayati, E., & Sofiyana, M. (2018). Development of Comic Media on Virus Materials for High School Class Students. JOSAR (Journal of Students Academic Research), 3(2), 1–9. https://doi.org/10.35457/josar.v1i02.602
Luh, N., & Ekayani, P. (2021). Pentingnya penggunaan media siswa. Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, March, 1–16. https://www.researchgate.net/profile/Putu-Ekayani/publication/315105651_PENTINGNYA_PENGGUNAAN_MEDIA_PEMBELAJARAN_UNTUK_MENINGKATKAN_PRESTASI_BELAJAR_SISWA/links/58ca607eaca272a5508880a2/PENTINGNYA-PENGGUNAAN-MEDIA-PEMBELAJARAN-UNTUK-MENINGKATKAN-PRESTASI-
Noviyanto, T. S. H., Juanengsih, N., & Rosyidatun, E. S. (2015). Penggunaan Media Video Animasi Sistem Pernapasan Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Edusains, 7(1), 57–63. https://doi.org/10.15408/es.v7i1.1215
Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706
Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas Iv Di Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1), 9–19.
Prastika, L. R., Hikmat, D., Si, M., & Waslaluddin, D. (2015). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Berbasis Komputer Model Instructional Games terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fisika. 2015(Snips), 397–400.
Prayitno, T. A., & Hidayati, N. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Bermuatan Materi Mikrobiologi Berbasis Edmodo Android. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 3(2), 86–93. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v3i2.1399
Prayogo, S. W. (2012). Keefektifan penggunaan media animasi macromedia flash pada materi kompresor. Automotive Science and Education Journal, 1.
Rahmawanto, R. (2018). Penggunaan Teknik Mind Map Berbasis Multimedia Presentasi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 3(1), 83–90. https://doi.org/10.17977/um027v3i12018p083
Rahmayanti, L., & Istianah, F. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sdn Se-Gugus Sukodono Sidoarjo. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(4), 254968
Roffiq, A., Qiram, I., & Rubiono, G. (2017). Media Musik Dan Lagu Pada Proses Pembelajaran. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 2(2), 35. https://doi.org/10.26737/jpdi.v2i2.330
Rosyid, M., Mustajab, & Abdullah, aminol rosyid. (2019). Prestasi Belajar. Literasi Nusantara.
Satria, T. G., & Egok, A. S. (2020). Pengembangan Etnosains Multimedia Learning Untuk Meningkatkan Kognitif Skill Siswa Sd Di Kota Lubuklinggau. Jurnal Basicedu, 4(1), 13–21. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.382
Sinuraya, J., & Mihardi, S. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Matakuliah Fisika Umum. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 25(2), 62–67. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/penelitian/article/view/17636
Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35–43. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750
Sugiyono. (2016). metode penelitian pendidikan. Alfabeta.
Suyitno, S. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Pengukuran Teknik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 23(1), 101. https://doi.org/10.21831/jptk.v23i1.9359
Widiyasanti, M., Proketen, S. D., & Yogyakarta, N. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 1–16. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489
DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v9i4.30977
Article Metrics
Abstract view : 268 timesPDF - 176 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217