PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA THE THING PUZZLE DENGAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE PADA MATERI POKOK JAMUR DI KELAS X SMA PEMBANGUNAN GALANG TP 2015 / 2016

Yusni Viana, Nuraini Harahap

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan Media The Thing Puzzle dengan Media Crossword Puzzle pada materi jamur di kelas X SMA Pembangunan Galang T.P 2015/2016 yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa 96 orang. Sedangkan sampel diambil berdasarkan pertimbangan (proposive sampling) sebanyak dua kelas yaitu 64 orang, yaitu 32 orang kelas XA (menggunakan Media The Thing Puzzle) dan 32 orang kelas XB (menggunakan Media Crossword Puzzle). Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimental. Pada kelas eksperimen I (menggunakan Media The Thing Puzzle) didapat rata-rata hasil belajar siswa sebesar 85,83 dengan standar deviasi 7,77 sedangkan pada kelas eksperimen II (menggunakan Media Crossword Puzzle) memiliki rata-rata sebesar 70,10 dengan standar deviasi 15,24. Adanya perbedaan hasil belajar tersebut dibuktikan melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf α = 0,05, dimana thitung (17,87) > ttabel (1,6697). Hal tersebut menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar dimana kelas eksperimen I (menggunakan Media The Thing Puzzle) lebih tinggi daripada kelas eksperimen II (menggunakan Media Crossword Puzzle) pada materi jamur di kelas X SMA Pembangunan Galang Tahun Pembelajaran 2015/2016.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v4i1.3682

Article Metrics

Abstract view : 174 times
PDF - 232 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217