UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN TEKNIK MENCATAT MIND MAP DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 PARBULUAN T.P 2014/2015

Pujiono Sigalingging, Mariaty Sipayung

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Parbuluan T.P 2015/2016 dengan mengkombinasikan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Teknik Mencatat Mind Map. Penelitian ini di desain dalam bentuk penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Parbuluan T.P 2015/2016. Instrumen penelitian yang diginakan adalah tes kognitif siswa dalam bentuk pilihan berganda yang berjumlah 55 butir soal yang sudah divalidasi terlebih dahulu. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa sebesar 7,875. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada pretes adalah 14, nilai rata-rata postes I adalah 6,27 (27 siswa tuntas) dan nilai rata-rata postes II adalah 72,125 (35 siswa tuntas). Persentase ketuntasan nilai siswa secara klasikal pada siklus I adalah 67,5% hal ini belum mencapai kriteria ketuntasan secara klasikal karena belum mencapai ≥85%. Pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar siswa menjadi 87,5%. Dalam aspek psikomotorik, yaitu penilaian pada Mind Map siswa menunjukkan nilai yang baik. Untuk penilaian pada Mind Map pada siklus I, siswa mendapatkan persentase rata-rata 73,83% dan hasilmya meningkat pada siklus II menjadi 83%. Hasil penelitian ini membuktikan, kombinasi model pembelajarn kooperatif tipe Student Teams Achievement (STAD) dan Teknik Mencatat Mind Map dapat meningkatkan hasil belajar  kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Parbuluan T.P 2015/2016.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v4i1.3687

Article Metrics

Abstract view : 328 times
PDF - 246 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217