PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS XI IPA SMA NEGERI 9 MEDAN T.P. 2015/2016

Rizky Yusmalinda Purba, Hudson Sidabutar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan Numbered Heads Together (NHT) pada materi sistem peredaran darah manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 9 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 9 Medan dan sampel yang diambil secara random sampling sebanyak 72 siswa. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes yang berbentuk soal pilihan ganda yang terdiri dari 25 soal. Hasil analisis data penelitian diketahui bahwa ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas inkuiri terbimbing dan Numbered Heads Together (NHT) dimana rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing adalah 83,22 sedangkan Numbered Heads Together (NHT) adalah 80,00. Adanya perbedaan hasil belajar tersebut juga terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dan taraf kepercayaan α = 0,05, dimana thit > ttab (1,94 > 1,67) yang berarti dalam penelitian ini H0 ditolak sekaligus menerima Ha yang berarti bahwa ada perbedaan hasil belajar sswa menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan Numbered Heads Together (NHT) pada materi sistem peredaran darah manusia di kelas XI IPA SMAN 9 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v4i1.3688

Article Metrics

Abstract view : 230 times
PDF - 142 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217