PENGARUH STATUS SEKOLAH, RENCANA PENDIDIKAN SETELAH TAMAT SMA DAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP LITERASI SAINS SISWA SMA KELAS XI IPA SE-KOTA KISARAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Yulia Rezka Fajar Aini, Syarifuddin Syarifuddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh status sekolah, rencana pendidikan setelah tamat SMA dan latar belakang pendidikan orang tua terhadap literasi sains siswa SMA kelas XI IPA se-Kota Kisaran Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA kelas XI IPA Negeri dan Swasta yang berjumlah 822 siswa di Kisaran. Sampel diambil secara acak (random sampling) sebanyak 357 siswa terdiri dari 78 siswa SMA N 1 Kisaran, 80 siswa SMA N 2 Kisaran, 78 siswa SMA N 4 Kisaran, 64 siswa SMA Swasta Muhammadiyah 8 Kisaran, 42 siswa SMA Swasta Taman Siswa Kisaran, 15 siswa SMA swasta Daerah Kisaran. Jenis penelitian adalah survey analitik. Hasil analisis data tes literasi sains menunjukkan bahwa sebanyak (46%) memiliki tingkat literasi sains yang sangat rendah (skor <54) disusul 28% literasi sains siswa tergolong cukup dengan rentang skor 55-59. Hanya 18% dari siswa yang memiliki skor literasi sainsnya yang tergolong tinggi (skor 75-85) dan 7% memiliki literasi sains tergolong rendah (55-59). Sisanya hanya 1% yang tergolong sangat tinggi (86-100). Analisis statistika penelitian ini menggunakan analisis varians tiga jalur, analisis varians satu jalur dan uji t tidak berpasangan dari hasil ketiga uji tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada status sekolah dan rencana pendidikan setelah tamat SMA terhadap literasi sains dengan hasil (F = 5,275 ; P = 0,022), (F= 5,469 ; P= 0,005) sedangkan latar belakang pendidikan orang tua tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap literasi sains (F = 0,327 ; P = 0,923).

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v4i1.3689

Article Metrics

Abstract view : 168 times
PDF - 923 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217