PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL DAN TANPA MEDIA AUDIOVISUAL PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA KELAS XI SMA NEGERI 11 MEDAN T.P. 2014/2015
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media audiovisual dan tanpa media audiovisual pada materi pokok sistem ekskresi pada manusia kelas XI SMA Negeri 11 Medan T.P. 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 11 Medan. Pengambilan Sampel yang digunakan adalah dengan cara purposif sampling. Kelas XI IPA2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa yang berbentuk test objektif berjumlah 50 soal. Tes yang digunakan adalah uji validitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan media audiovisual lebih tinggi, dengan nilai postest ( 80,22) dibandingkan dengan hasil belajar siswa tanpa menggunakan media audiovisual dengan nilai postest ( 76,34). Berdasarkan hasil uji statistik t diperoleh thit = 2,313, dan dengan α = 0,05 sehingga diperoleh ttab = 1,997 ternyata thit>ttab(2,313>1,997) maka dinyatakan Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan media audiovisual dan tanpa menggunakan media audiovisual pada materi pokok sistem ekskresi pada manusia Kelas XI SMAN 11 Medan TP. 2014/2015.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v4i1.3693
Article Metrics
Abstract view : 184 timesPDF - 144 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217