Perbandingan Hasil Belajar Siswa Yang Diajar Dengan Strategi Pembelajaran Contekstual Teaching Learning (CTL) Dengan Yang Diajar Dengan Strategi Pembelajaran Ekspositori Pada Materi Sistem Transportasi Darah SMP Swasta PAB 9 T.P. 2014/2015

Musepini Apriliani Panjaitan, Mufti Sudibyo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang diajar
dengan strategi pembelajaran contekstual teaching learning (CTL) dengan yang diajar
dengan strategi pembelajaran ekspositori pada materi sistem transportasi darah.
Penelitian merupakan penelitian kuasi eksperimen dimana populasinya adalah seluruh
siswa kelas VIII yang terdiri 6 kelas dengan jumlah siswa 240 siswa. Pengambilan sampel
penelitian dilakukan secara acak (Random Sampling). Dua kelas sebagai sampel yaitu
kelas VIII1 sebagai kelas strategi pembelajaran CTL dan kelas VIII2 sebagai kelas strategi
pembelajaran ekspositori. Kelas strategi pembelajaran CTL terdapat 38 siswa dan kelas
strategi pembelajaran ekspositori terdapat 38 siswa sehingga sampel berjumlah 76 siswa.
Instrumen yang digunakan berupa soal pilihan berganda sebanyak 30 soal yang
digunakan sebagai soal pre-test dan soal post-test. Rata-rata hasil belajar kelas strategi
pembelajaran CTL sebesar 80,36 dengan Standart Deviasi (SD) 6,385 lebih tinggi
dibandingkan kelas strategi pembelajaran ekspositori sebesar 74,68 dengan Standart
Deviasi(SD) 6,33 sehingga terdapat perbedaan nilai sebesar 5,68% dengan perbandingan
rata-rata Contekstual teaching learning : Ekspositori = 1,1 : 1. Berdasarkan kriteria
tersebut penelitian ini menolak Ho dan menerima Ha. Sehingga terdapat perbedaaan yang
signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran contekstual
teaching learning dengan yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori pada
materi sistem transportasi darah di SMP Swasta PAB 9 Klambirlima Tahun Pelajaran
2014/2015.
Kata Kunci : CTL, strategi ekspositori, hasil belajar siswa

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v3i4.4001

Article Metrics

Abstract view : 107 times
PDF - 130 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217