Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Genetika Di Kelas XII IPA SMA Negeri 13 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015

Fahrizal Prabowo Sarhim, Fauziyah Harahap

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keberadaan miskonsepsi siswa terhadap materi
Genetika di kelas XII IPA SMA Negeri 13 Medan. Metode penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPA SMA Negeri 13
Medan yang berjumlah tujuh kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampel
kelompok (cluster sample) dan dipilih dua kelas, yaitu: kelas XII IPA 2 dan kelas XII IPA 7
berdasarkan rekomendasi guru Biologi. Total sampel yang dipakai berjumlah 91 siswa. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini berupa instrumen tes diagnostik dua dimensi yang terdiri
40 soal berbentuk pilihan ganda dengan tingkat keyakinan (CRI). Hasil penelitian menunjukkan
terdapat miskonsepsi siswa terhadap materi Genetika sebesar 32,01%. Dari delapan indikator
pembelajaran terdapat tiga indikator dengan jumlah miskonsepsi yang tinggi, yaitu: indikator 8
(mendeskripsikan proses sintesis protein, 38,46%), indikator 5 (mendeskripsikan struktur RNA,
37,94%), dan indikator 2 (mendeskripsikan hubungan sel, kromosom, gen, dengan DNA,
37,55%). Berdasarkan tingkat kognitif tes, siswa paling banyak mengalami miskonsepsi pada
C5 (evaluasi, 41,94%).
Katakunci: identifikasi miskonsepsi siswa, genetika

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v3i4.4002

Article Metrics

Abstract view : 372 times
PDF - 3223 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217