Hubungan Konsep Akademik Diri Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Angkatan 2012 Universitas Negeri Medan Tahun Akademik 2014/2015
DOI:
https://doi.org/10.24114/jpp.v3i4.4003Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Konsep Akademik Diri DenganPrestasi Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Angkatan 2012 UniversitasNegeri Medan Tahun Akademik 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruhmahasiswa program studi pendidikan biologi angkatan 2012 Universitas Negeri Medan TahunAkademik 2014/2015 yang berjumlah 206 orang. Sampel pada penelitian ini sebanyak 82orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Jenispenelitian ini adalah deskriptif dengan kuesioner (angket) dan dokumentasi indeks prestasikumulatif mahasiswa sebagai alat pengumpul data penelitian. Hasil penelitian menunjukkanbahwa bentuk persamaan regresi ̂ = 0,97+ 0,02 X merupakan regresi linier, dimanaFhitung<Ftabel (-1,57>1,69) dengan taraf kepercayaan α = 0,05. Dari perhitungan koefisien korelasididapat r = 0,65 dengan indeks determinasi I = 42,25%. Artinya konsep akademik dirimemberikan pengaruh sebesar 42,25% terhadap peningkatan prestasi akademik mahasiswa.Untuk pengujian hipotesis diperoleh thitung>ttabel (7,64>1,671) sehingga dalam pengujian hipotesisHo ditolak sekaligus menerima Ha.Kata kunci: konsep akademik diri, prestasi akademikUnduhan
Cara Mengutip
Nurajijah, N., & Edi, S. (2016). Hubungan Konsep Akademik Diri Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Angkatan 2012 Universitas Negeri Medan Tahun Akademik 2014/2015. Jurnal Pelita Pendidikan, 3(4). https://doi.org/10.24114/jpp.v3i4.4003
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Jurnal Pelita Pendidikan is using CC BY license. This license lets others distribute, remix, tweak, and build upon Pelita Pendidikan's articles (even commercially), as long as they credit the authors for the original creation.
This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License.