PerbandinganHasilBelajarSiswa DenganMenggunakanModelPembelajaranProblem BasedLearningDanLearningCycle PadaMateriPokokSistem ReproduksiPadaManusiaDiKelasXISMA DharmawangsaT.P2014/2015

Nurul Ilmi, Martina Restuati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan dan ketuntasan hasil
belajar biologi siswa pada penerapan model pembelajaran Problem Based Learning
dan Learning Cycle pada materi pokok Sistem Reproduksi Pada Manusia. Penelitian
ini dilaksanakan di kelas XI SMA Dharmawangsa Tahun pembelajaran 2014/2015.
Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian eksperimen semu (quasi
experimental). Populasi penelitian ini adalah 315 siswa. Sampel penelitian yaitu kelas
XI IPA SMA Dharmawangsa sebanyak dua kelas (PROBLEM BASED LEARNING dan
LEARNING CYCLE) dengan jumlah masing-masing siswa 35 orang. Data hasil belajar
biologi pada materi pokok sistem reproduksi manusia dikumpulkan dengan instrument
tes berbentuk pilihan ganda. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan
analisis statistik inferensial (uji-t). Rata-rata hasil belajar siswa di kelas PBL
(PROBLEM BASED LEARNING) adalah 81 dengan banyak siswa yang mendapatkan
nilai diatas nilai ketuntasan adalah sebesar 85,71 % sedangkan rata-rata hasil belajar
siswa di kelas LC (LEARNING CYCLE) adalah 71 dan siswa yang mendapatkan nilai
diatas kekuntasan sebesar 62,85%. Berdasarkan uji hipotesis thitung ≥ ttabel (3,64 ≥
1,999) menunjukkan perbedaan yang signifikan bahwa model pembelajaran Problem
Based Learning lebih baik dari pada model pembelajaran Learning Cycle pada materi
pokok Sistem Reproduksi pada Manusia.
Kata kunci: learning cycle, problem based learning, hasil belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v3i4.4004

Article Metrics

Abstract view : 74 times
PDF - 528 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217