Analisis Skripsi Guna Membangun Roadmap Penelitian Prodi Pendidikan Biologi

Wasis Wuyung Wisnu Brata

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui profil penelitian yang telah dilakukan
sebelumnyasebagai dasar mengembangkanroadmap prodi pendidikan biologi
Unimed.Hasil penelitian menunjukan penelitian skripsi Prodi Pendidikan Biologi
Unimed didominasi oleh penelitian tentang penerapan model/ metode pembelajaran
(64%). Sebagian kecil diantaranya media pembelajaran, kurikulum, profesionalisme
guru, dan beberapa tema lain. Sedangkan penelitian tentang asesmen belum pernah
dilakukan. Diantara model-model dan metode-metode yang diteliti,mahasiswa paling
banyak melakukan penelitian tentang model/metode kooperatif. Analisis lebih lanjut
menunjukan bahwa model-model kooperatif yang selalu diteliti setiap tahun antara lain
model Numbered Head Together (NHT), Jigsaw, Student Team Achievement Division
(STAD), Think-Pair-Share (TPS), Teams Games Tournament (TGT), dan metode
bermain peran. Roadmap penelitian yang akan dilakukan selanjutnya dikembangkan
dengan mengacu kepada: (1) capaian penelitian sebelumnya; (2) perkembangan iptek
dan penelitian dalam keilmuan pendidikan biologi; (3) visi dan misi prodi sebagai arah
penelitian dalam kurun waktu tertentu. Berdasarkan hal tersebut, selanjutnya
diturunkan beberapa aspek terkaityang akan menjadi isu dalam merumuskan
permasalahan-permasalahan penelitian. Aspek tersebut adalah model pembelajaran
berorientasi hakikat sains, asesmen, media pembelajaran, identifikasi miskonsepsi dan
strategiremediasi.
Kata Kunci: roadmap penelitian, skripsi, pendidikan biologi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v3i4.4009

Article Metrics

Abstract view : 137 times
PDF - 1440 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217