Analisis Skripsi Guna Membangun Roadmap Penelitian Prodi Pendidikan Biologi
DOI:
https://doi.org/10.24114/jpp.v3i4.4009Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui profil penelitian yang telah dilakukansebelumnyasebagai dasar mengembangkanroadmap prodi pendidikan biologiUnimed.Hasil penelitian menunjukan penelitian skripsi Prodi Pendidikan BiologiUnimed didominasi oleh penelitian tentang penerapan model/ metode pembelajaran(64%). Sebagian kecil diantaranya media pembelajaran, kurikulum, profesionalismeguru, dan beberapa tema lain. Sedangkan penelitian tentang asesmen belum pernahdilakukan. Diantara model-model dan metode-metode yang diteliti,mahasiswa palingbanyak melakukan penelitian tentang model/metode kooperatif. Analisis lebih lanjutmenunjukan bahwa model-model kooperatif yang selalu diteliti setiap tahun antara lainmodel Numbered Head Together (NHT), Jigsaw, Student Team Achievement Division(STAD), Think-Pair-Share (TPS), Teams Games Tournament (TGT), dan metodebermain peran. Roadmap penelitian yang akan dilakukan selanjutnya dikembangkandengan mengacu kepada: (1) capaian penelitian sebelumnya; (2) perkembangan iptekdan penelitian dalam keilmuan pendidikan biologi; (3) visi dan misi prodi sebagai arahpenelitian dalam kurun waktu tertentu. Berdasarkan hal tersebut, selanjutnyaditurunkan beberapa aspek terkaityang akan menjadi isu dalam merumuskanpermasalahan-permasalahan penelitian. Aspek tersebut adalah model pembelajaranberorientasi hakikat sains, asesmen, media pembelajaran, identifikasi miskonsepsi danstrategiremediasi.Kata Kunci: roadmap penelitian, skripsi, pendidikan biologiUnduhan
Cara Mengutip
Brata, W. W. W. (2016). Analisis Skripsi Guna Membangun Roadmap Penelitian Prodi Pendidikan Biologi. Jurnal Pelita Pendidikan, 3(4). https://doi.org/10.24114/jpp.v3i4.4009
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Jurnal Pelita Pendidikan is using CC BY license. This license lets others distribute, remix, tweak, and build upon Pelita Pendidikan's articles (even commercially), as long as they credit the authors for the original creation.
This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License.