PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI

Advent Sri Rizky Sianturi, Ely Djulia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis Multiple Intelligences terhadap hasil belajar dan keterampilan proses siswa pada materi Sistem Ekskresi pada Manusia di kelas XI MIA SMA Negeri 3 Medan. Penelitian menggunakan sampel dua kelas yaitu kelas XI MIA 1 (Kelas Non unggulan) sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 (kelas unggulan) sebagai kelas kontrol, dimana masing-masing kelas terdiri dari 42 orang.Pada kelas kontrol diajarkan dengan Model pembelajaran tidak berbasis Multiple Intelligences dengan langkah-langkah: Guru menjelaskan, siswa berdiskusi, kemudian presentasi kelompok, dan melakukan praktikum Uji urine dan Tes Gula darah, sedangkan untuk kelas eksperimen diajarkan dengan Model pembelajaran berbasis Multiple Intelligences dengan langkah-langkah: Guru menjelaskan, kemudian bermain Games Siapa Saya, Diskusi kelompok, Presentasi kelompok, melakukan Parodi lagu dan kemudian melakukan praktikum Uji urine dan Tes Gula Darah. Dari hasil perlakuan di dapat hasi bahwa untuk hasil belajar siswa di kelas kontrol dengan nilai rata-rata 79,04 sedangkan untuk kelas eksperimen mendapat hasil 76,47 terdapat perbedaan sebesar 2,57, artinya tidak ada pengaruh yang signifikan dari hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran berbasis Multiple Intelligences. Untuk keterampilan proses siswa, persentase nilai rata-rata ketercapaian kelas eksperimen saat presentasi sebesar 72,01% dan praktikum mencapai 87,87% didukung dengan saat bermain Games siapa saya mencapai 73,38%,dan parodi lagu mencapai sebesar 82,73%, sedangkan untuk kelas kontrol keterampilan proses siswa saat presentasi mencapai 69,43% dan saat praktikum mencapai 84,69%. Hasil penelitian membuktikan bahwa, ada pengaruh yang signifikan dari penerapan Model pembelajaran berbasis Multiple Intelligences terhadap keterampilan proses siswa saat proses pembelajaran berlangsung.

Kata kunci: Multiple Inteligences, Hasil Belajar, Keterampilan Proses


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v4i2.4016

Article Metrics

Abstract view : 356 times
PDF - 496 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217