41 PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN DENGAN THINK PAIR SHARE

Martati Manurung, Toyo Manurung

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan strategi
pembelajaran Predict Observe Explain dengan Think Pair Share di kelas VII SMP N 45 Medan T.P
2015/2016. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII. Sampel dipilih dengan menggunakan
teknik random sampling. Hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Predict Observe
Explain pada materi ekosistem memiliki nilai rata-rata lebih tinggi ( )=81,18) dibandingkan hasil belajar
siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Think Pair Share rata-rata ( =74,56). Hal tersebut
dibuktikan melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dan taraf kepercayaan α = 0,05.
Dimana thit>ttab (8,151>1,999).
Kata kunci: Hasil belajar, Predict Observe Explain, Think Pair Share, Ekosistem

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v4i2.4022

Article Metrics

Abstract view : 78 times
PDF - 78 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217