PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TALKING STICK DAN TIPE ROLE PLAYING PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model
pembelajaran tipe Talking Stick dan tipe Role Playing pada materi sistem ekskresi manusia di kelas
XI IPA MAN Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan jenis penelitian
eksperimen semu (Quasi eksperiment) yang diberi perlakuan yang berbeda pada masing – masing
kelas. Sampel penelitian diambil dengan teknik pengambilan sampel Pourfosive Sampling yang
terdiri dari 2 kelas, dimana kelas XI IPA2 dijadikan sebagai kelas eksperimen I dengan menggunakan
model pembelajaran tipe Talking Stick yang berjumlah 32 siswa, sedangkan kelas XI IPA4 dijadikan
sebagai kelas eksperimen II dengan menggunakan model pembelajaran tipe Role Playing yang
berjumlah 32 siswa, sehingga jumlah sampel dalam penelitian sebanyak 64 siswa. Berdasarkan hasil
analisis data penelitian, terlihat adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas
eksperimen I dengan kelas eksperimen II, dimana rata – rata hasil belajar siswa pada kelas
eksperimen I sebesar 81,094 sedangkan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen II sebesar
74,375. Adanya perbedaan hasil belajar tersebut, juga terbukti melalui pengujian hipotesis
menggunakan uji – t dengan taraf kepercayaan α =0,05, dk 60 dan 120 dimana thitung > ttabel (2,09 >
1,999), yang berarti dalam penelitian ini H0 ditolak sekaligus menerima Ha. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa ada perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan
menggunakan Model Pembelajaran Tipe Talking Stick (TS) dengan Role Playing (RP)
pembelajaran tipe Talking Stick dan tipe Role Playing pada materi sistem ekskresi manusia di kelas
XI IPA MAN Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan jenis penelitian
eksperimen semu (Quasi eksperiment) yang diberi perlakuan yang berbeda pada masing – masing
kelas. Sampel penelitian diambil dengan teknik pengambilan sampel Pourfosive Sampling yang
terdiri dari 2 kelas, dimana kelas XI IPA2 dijadikan sebagai kelas eksperimen I dengan menggunakan
model pembelajaran tipe Talking Stick yang berjumlah 32 siswa, sedangkan kelas XI IPA4 dijadikan
sebagai kelas eksperimen II dengan menggunakan model pembelajaran tipe Role Playing yang
berjumlah 32 siswa, sehingga jumlah sampel dalam penelitian sebanyak 64 siswa. Berdasarkan hasil
analisis data penelitian, terlihat adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas
eksperimen I dengan kelas eksperimen II, dimana rata – rata hasil belajar siswa pada kelas
eksperimen I sebesar 81,094 sedangkan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen II sebesar
74,375. Adanya perbedaan hasil belajar tersebut, juga terbukti melalui pengujian hipotesis
menggunakan uji – t dengan taraf kepercayaan α =0,05, dk 60 dan 120 dimana thitung > ttabel (2,09 >
1,999), yang berarti dalam penelitian ini H0 ditolak sekaligus menerima Ha. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa ada perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan
menggunakan Model Pembelajaran Tipe Talking Stick (TS) dengan Role Playing (RP)
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v4i2.4023
Article Metrics
Abstract view : 280 timesPDF - 1020 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217