PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA

Riana rejika Silalahi, Hasruddin Hasruddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi siswa dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dan Student Teams
Achievement Divisions pada materi sistem pencernaan manusia di kelas VIII SMP Negeri 1 Tanah
Jawa Tahun Pembelajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian
eksperimen semu. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII3 menggunakan
model NHT dengan jumlah siswa 32 orang dan kelas VIII5 menggunakan metode STAD dengan
jumlah siswa 36 orang . Hasil analisis data menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa menggunakan
model Numbered Head Together ( ) = 80,00 dengan nilai standar deviasi (SD) = 7,4053 lebih baik
dari rata-rata hasil belajar siswa menggunakan model Student Teams Achievement Divisions ( ) =
71,94 dengan nilai standar deviasi (SD) = 9,507725. Hasil hipotesis dengan menggunakan uji-t dan
taraf kepercayaan α = 0,05 diperoleh thitung > ttabel (4,12 > 1,998), sehingga dalam penelitian ini
hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, dengan demikian diperoleh
kesimpulan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe Numbered Head Together dan Student Teams Achievement Divisions pada materi
pokok sistem pencernaan manusia di kelas VIII SMP Negeri 1 Tanah Jawa Kabupaten Simalungun
Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Numbered Head Together, Model Student Teams Achievement.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v4i2.4029

Article Metrics

Abstract view : 262 times
PDF - 355 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217