KORELASI KEMAMPUAN MEMBACA KRITIS TEKS BIOLOGI MELALUI MIND MAP DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA

Silfia Apriana Putri Hasibuan, Toyo Manurung

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi kemampuan membaca kritis teks biologi melalui mind map dengan hasil belajar siswa pada sub materi sistem ekskresi pada manusia di kelas XI MIA SMA Negeri 1 Babalan T.P. 2015/2016. Populasi berupa seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Babalan tahun pembelajaran 2015/2016. Sampel berjumlah 40 orang siswa yang diambil secara random sampling. Untuk teknik analisis data diketahui bahwa bentuk persamaan regresi Ŷ = 32 + 0,6 X merupakan regresi linear dimana Fhitung > Ftabel (14,96 > 4,242) pada α = 0,05 dan dari hasil perhitungan indeks determinasi diperoleh I = 0,2821, artinya kemampuan membaca kritis melalui mind map memberikan kontribusi sebesar 28,21% terhadap hasil belajar siswa. Untuk pengujian hipotesis diperoleh thitung> ttabel(4, 543 > 2,024). Maka dapat dinyatakan terdapat korelasi antara  kemampuan membaca kritis melalui mind map dengan hasil belajar siswa di kelas IX MIA pada sub materi sistem ekskresi pada manusia di kelas XI MIA SMA Negeri 1 Babalan Tahun Pembelajaran 2015/2016.

Kata kunci : Membaca Kritis, Mind Map, Hasil Belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v4i2.4045

Article Metrics

Abstract view : 206 times
PDF - 231 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217