PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SCRIPT DAN PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI MANUSIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif Script dan Problem Based Instruction pada materi pokok sistem ekskresi manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 14 Medan tahun pembelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dimana populasinya adalah seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari tiga kelas dengan jumlah siswa 128 orang. Pengambilan sampel penelitian dilakukan secara random (random sampling). Dua kelas sebagai sampel yaitu kelas XI1 sebagai kelas eksperimen I menggunakan model pembelajaran kooperatif Script dan XI3 sebagai kelas eksperimen II menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction. Masing-masing berjumlah 30 siswa sehingga total sampel adalah 60 siswa. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes yang berbentuk pilihan berganda yang terdiri dari 25 butir soal. Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas ekperimen I 82,8 dengan standar deviasi 7,23 dan kelas eksperimen II 77,3 dengan standar deviasi 8,33. Uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung = 2,74 > ttabel = 1,86 pada taraf nyata α=0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak, yang artinya ada perbedaaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Script dan Problem Based Instruction pada materi pokok sistem ekskresi manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 14 Medan tahun pembelajaran 2015/2016.
Kata Kunci : hasil belajar, kooperatif script, problem based instruction
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v4i2.4057
Article Metrics
Abstract view : 550 timesPDF - 799 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217