INFLUENCE OF PROJECT BASED LEARNING (PjBL) MAKING BIOPLASTIC PRESERVANTS ON THE CREATIVE THINKING ABILITY OF STUDENTS IN THE MATERIAL OF BIODIVERSITY
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abdi, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas 5 Sd. Kalam Cendekia, Volume 6, Nomor 4.1, Hlm. 9 –
, 6, 9–15.
Ahmad, F. dkk. 2016. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar (Mengacu Kurikulum 2013). Yogyakarta: Sanata Dharma University Press APPTI (Asisiasi Penerbit Perguruan Tinggi Indonesia).
Anas, Muh. & Warda Murti. 2016. Pengaruh Pemberian Tugas Berbasis Proyek Terhadap Pengembangan Life Skill Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Nalar Pendidikan. 4(2): 108-115.
Angga, A., Abidin, Y., & Iskandar, S. (2022). Penerapan Pendidikan Karakter dengan Model Pembelajaran Berbasis Keterampilan Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(1), 1046–1054. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.208 4
Appulembang, Yeni Anna. 2017. Norma Kreativitas Menggunakan Torrance Test Of Creativity Thinking Untuk Anak Usia 6-12 Tahun. Provitae Jurnal Psikologi Pendidikan. 9(1):41-57.
Arini, Wahyu & Asista Asmila. 2017. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Materi Cahaya Siswa Kelas VIII SMP XA Verius Kota Lubuklinggau. Science and Physics Education Journal. 1 (1):23-38.
Asmara, Andes Safarandes, dkk. 2022. Media Pembelajaran: Pemanfaatan Bioplastik untuk Pembelajaran Dalam Jaringan pada Masa Pandemi. Konferensi Nasional Penelitian dan Pengabdian (KNPP) Ke-2. 24 Maret 2022, Karawang,
Indonesia. pp. 1614-1621.
Cook, T. D. 1979. Quasi Experimentation Design& Analysis Issues For Field Setting. Boston: Houghton Mifflin Company.
Dewi, Mia Roosmalisa. 2022. Kelebihan dan Kekurangan Project-based Learning untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka. Inovasi Kurikulum JURNAL UPI. 19 (2): 213-226.
Effendi, Kiki Nia Sania & Ehda Farlina. 2017. Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Kelas VII dalam Penyelesaian Masalah Statistika. Jurnal Analis. 3 (2):130-137.
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Maghfiroh, N., Susilo, H., & Gofur, A. (2016). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Sidoarjo pada Mata Pelajaran Biologi. Seminar Nasional Pendidikan Dan Saintek, 2016(2), 635–639.
Nita, S. R., & Irwandi. (2021). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Model Project Based Learning (PjBL). 4(2), 231–238.
https://doi.org/https://doi.org/10.31539/bio edusains.v4i2.2503
Nafisah, Inas. 2017. PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) MELALUI PEMBUATAN AWETAN BIOPLASTIK TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 12 BANDAR LAMPUNG PADA MATERI KEANEKARAGAMAN MAKHLUK
HIDUP. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Agama Islam Negeri Raden Intan, Lampung.
Nugraha, A. R., Firosalia, K., & Indri, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkarkan Kreativitas dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas 5 SD. Kalam Cendekia Pgsd Kebumen, 8(1), 165–175.
https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdk ebumen/article/view/11961/8533
Risnanosanti, Syofiana, M., & Hasdelyati. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dan Model Pembelajaran Problem Solving Berbasis Lesson Study. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 2(2), 168–178.
https://doi.org/10.31851/indiktika.v2i2.4137 Sari, Shinta Puspita dkk. 2019. Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif
Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi. 5 (2):119-131.
Smith, S. (2016). (Re)Counting Meaningful Learning Experiences: Using Student-Created Reflective Videos to Make Invisible Learning Visible During PjBL Experiences. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 10(1), 9–15. https://doi.org/10.7771/1541-5015.1541
Siskawati, Gadis Hayuhana dkk. 2020. Pengaruh Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Online. Jurnal Teknologi Pendidikan. 5 (2):31-42.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitafi, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta
Wahyu dkk. 2017. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Self Efficacy Siswa Menggunakan Model Creative Problem
Solving Pada Materi Sistem Koloid. Jurnal Vidya Karya. 32(1):36-44.
DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v12i2.59248
Article Metrics
Abstract view : 131 timesPDF - 71 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217