PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATERI VIRUS DI KELAS X SMA AL -HIDAYAH

Fitriana Fitriana, Riwayati Riwayati, Rika Khairani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model
pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan Student Teams Achievement Division (STAD) pada materi
Virus dikelas X SMA Al-Hidayah T.P 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA
Al-Hidayah Medan yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa 105 orang. Pengambilan sampel diambil secara
Random sampling sebanyak dua kelas yaitu X-2 sebagai kelas Numbered Head Together (NHT) dengan jumlah
siswa 33 orang dan kelas X-3 sebagai kelas Student Teams Achievement Division (STAD) dengan jumlah siswa 36
orang, jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 69 orang. Alat yang digunakan untuk pengambilan data
adalah tes pilihan ganda yang terdiri dari 30 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada
kelas X-2 Numbered Head Together (NHT) diperoleh 79,79 ± 9,50 dan pada kelas X-3 Student Teams
Achievement Division (STAD) diperoleh 76,75 ± 11,62. Adanya perbedaan hasil tersebut dibuktikan melalui
pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan taraf α = 0,05, dimana thitung > ttabel (12,60
> 1,998) yang berarti dalam penelitian ini H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik dari pada
tipe STAD pada materi virus dikelas X SMA Al-Hidayah T.P 2016/2017.
Kata kunci : Hasil belajar, Kooperatif, Numbered Head Together, Student Teams Achievement Division, Virus

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v4i4.6691

Article Metrics

Abstract view : 118 times
PDF - 114 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217