UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DI SMP NEGERI 1 STABAT TP.2015/2016

Linda Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik dengan menerapkan Proses
Pembelajaran Group Investigation pada mata pelajaran IPA. Proses Pembelajaran Group Investigation
diharapkan dapat membangun pola pikir peserta didik belajar sehingga pembelajaran lebih bermakna,
menyenangkan, memuaskan dan peserta didik lebih mengerti tentang makna pelajaran IPA. Penelitian ini
dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016 yaitu pada bulan Agustus sampai dengan
Oktober 2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Stabat, Metode Penelitian Tindakan Kelas terdiri dari
dua siklus. Langkah-langkh dalam siklus terdiri dari : 1) Planning/Perencanaan, 2) Acting/Tindakan, 3)
Observing/pengamatan, 4) Reflekting/ Refleksi. Hasil penelitian: 1) Kegiatan Pembelajaran IPA dengan metode
Pembelajaran Group Investigation akan lebih menarik dan mampu memotivasi peserta didik bila disampaikan
dengan kegiatan yang menumbuhkan keterampilan belajar, baik secara kelompok maupun individu. 2) Kegiatan
pembelajaran IPA dapat meningkatkan kemampuan peserta didik . Hal ini terbukti dalam penelitian ini dimana
hasil belajar peserta didik dengan metode Pembelajaran Group Investigation mengalami peningkatan. Hal ini
terlihat pada nilai rata-rata kelas 69,17 (kategori tidak tuntas) pada siklus I menjadi 75 (kategori tuntas) pada
siklus II dan presentase ketuntasan belajar secara klasikal meningkat dari 61,1 % pada siklus I menjadi 86,1%
pada siklus II.
Kata Kunci: Prestasi belajar, Group Investigation , IPA

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v4i4.6701

Article Metrics

Abstract view : 82 times
PDF - 62 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217