ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI KELAS X IPA SMA NEGERI 4 KISARAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran biologi. Jenis
penelitian ini adalah penelitian deskriftif kuantitatif. Sampel digunakan secara Total Sampling yang meliputi, 34
orang siswa kelas X IPA-1, 34 orang siswa kelas X IPA -2, 33 orang siswa kelas X IPA-3, 33 orang siswa kelas X IPA-4,
dan 31 orang siswa kelas X IPA-5. Instrumen penelitian lembar angket sebanyak 40 pertanyaan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan belajar pada setiap aspek. Faktor internal yang menjadi penyebab
kesulitan belajar siswa adalah faktor intelegensi, perhatian siswa, motivasi, minat, kesehatan. Sedangkan faktor
eksternal yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar adalah alat pelajaran, lingkungan sekolah, media,
metode/strategi mengajar guru, orangtua.
Kata kunci : kesulitan belajar
penelitian ini adalah penelitian deskriftif kuantitatif. Sampel digunakan secara Total Sampling yang meliputi, 34
orang siswa kelas X IPA-1, 34 orang siswa kelas X IPA -2, 33 orang siswa kelas X IPA-3, 33 orang siswa kelas X IPA-4,
dan 31 orang siswa kelas X IPA-5. Instrumen penelitian lembar angket sebanyak 40 pertanyaan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan belajar pada setiap aspek. Faktor internal yang menjadi penyebab
kesulitan belajar siswa adalah faktor intelegensi, perhatian siswa, motivasi, minat, kesehatan. Sedangkan faktor
eksternal yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar adalah alat pelajaran, lingkungan sekolah, media,
metode/strategi mengajar guru, orangtua.
Kata kunci : kesulitan belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v5i2.7545
Article Metrics
Abstract view : 372 timesPDF - 632 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217