PENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA

Rehulina Barus, Aida Fitriani Sitompul

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pemeblajaran group investigation (GI) terhadap keterampilan
proses sains siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 5 Medan pada tahun pembelajaran 2015/2016 pada praktikum
system eksresi pada manusia. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen , dengan penyajian data deskriptif.
Sampel yang digunakan adalah kelas XI MIA 5 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 6 sebagai kelas control.
Pengambilan sampel menggunakan tehnik random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model
pembelajaran Group Investigation (GI) sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan proses sains siswa.
keterampilan proses sains siswa di lihat dari 9 keterampilan, yaitu keterampilan membuat pertanyaan,
keterampilan merumuskan hipotesis, keterampilan merencanakan percobaan, keterampilan menggunakan alat
dan bahan, keterampilan melakuakan observasi, keterampilan menginterpretasikan data pengamatan,
keterampilan mengklasifikasikan hasil pembahasan, keterampilan menerapkan konsep dan keterampilan
mengkomunikasikan. Berdasarkan hasil observasi menggunakan rubrik penilaian diperoleh skor keterampilan
proses sains siswa yang diajar dengan menggunakan model Group Investigation (GI) lebih tinggi dibandingkan
dengan siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran langsung (84,33 > 67,52). Berdasarkan hasil tersebut
dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Group Investigation (GI) berpengaruh terhadap keterampilan
proses sains siswa.
Kata kunci : Group Investigation, Keterampilan Proses Sains, Sistem eksresi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v5i2.7547

Article Metrics

Abstract view : 189 times
PDF - 389 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217