PERBEDAAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA MENGGUNAKAN MAKE A MATCH DAN WORD SQUARE KELAS XI IPA MAN 2 MODEL MEDAN T.A.2016/2017

Masni Nasution, Uswatun Hasanah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang diajar
menggunakan model pembelajaran Make a Match dengan Word Square pada materi Sistem Reproduksi
Manusia di kelas XI IPA MAN 2 Model Medan T.A.2016/2017. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu
(quasi experiment) dengan populasi penelitian seluruh kelas XI IPA MAN 2 Model Medan terdiri dari 10 kelas
dengan jumlah siswa sebanyak 422 orang. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik Purposive
Sampling. Sampel terdiri dari tiga kelas yaitu kelas XI-IPA 4 yang berjumlah 43 orang sebagai kelas Make a
Match, kelas XI-IPA 5 yang berjumlah 41 orang sebagai kelas Word Square, dan kelas XI-IPA 1 yang berjumlah
41 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar siswa berbentuk pilihan berganda
yang berjumlah 40 soal yang sudah divalidasi terlebih dahulu. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa
digunakan uji-t. Berdasarkan uji persyaratan data diketahui bahwa data hasil penelitian berdistribusi normal
dan ketiga kelas memiliki kesamaan varians (homogen). Dari analisis data diketahui bahwa nilai rata-rata siswa
yang diajar dengan Make a Match adalah 92,372, yang diajar dengan Word Square adalah 91,22, dan yang
diajar dengan Kontrol adalah 92. Ada perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa, ini dibuktikan
melalui uji-t pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk 82 diperoleh thitung > ttabel (2,44 > 1,98) maka penelitian ini
menolak H0 dan menerima Ha. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar
siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match dengan Word Square pada
materi Sistem Reproduksi Manusia di kelas XI IPA MAN 2 Model Medan T.A.2016/2017.
Kata Kunci: Make A Match, Word Square, Hasil Belajar.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v5i2.8414

Article Metrics

Abstract view : 190 times
PDF - 217 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217
slot gacor slot