THE COMPARISON OF STUDENT LEARNING USING COOPERATIVE LEARNING MODEL TYPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BY TYPE OF NUMBERED HEAD TOGETHET (NHT) ON HUMAN DIGESTIVE SYSTEM MATTERIAL IN GRADE VIII SMP NEGERI 45 MEDAN

Charis Eirene Agnes Malau, Ely Djulia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa menggunakan
model pembelajaran Teams Games Tournament dengan Numbered Head Together di kelas VIII SMP
N 45 Medan T.P 2016/2017. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII. Sampel dipilih
dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Hasil belajar siswa yang menggunakan model
Teams Games Tournament pada materi sistem pencernaan pada manusia memiliki rata-rata lebih
tinggi (77,07) dibandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan model Numbered Head Together
(69,47). Hal tersebut dibuktikan melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dan taraf
kepercayaan α = 0,05. Dimana thit > ttab (2,39 > 1,99).
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Team Games Tournament (TGT), Numbered Head Together (NHT)

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v5i1.8449

Article Metrics

Abstract view : 73 times
PDF - 133 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217