ANALISIS TINGKAT LITERASI SAINS BUKU TEKS BIOLOGI KELAS XI PADA MATERI SISTEM SARAF DI SMA SE- KECAMATAN PANCURBATU TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

vijai eriyandi ginting

Abstract


ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan tingkat literasi sains buku teks pelajaran Biologi SMA kelas XI di kecamatan Pancurbatu berdasarkan tema literasi sains dan secara khusus penelitian ini menekankan pada dimensi literasi sains meliputi sains sebagai batang tubuh pengetahuan, sains sebagai cara menyelidiki, sains sebagai jalan berpikir, sains sebagai hubungan teknologi dan masyarakat. Penelitian ini dilaksanakan pada 7 Sekolah Menengah Tingkat Atas (SMA) di Kecamatan Pancurbatu yang terdiri dari SMA Negeri 1 Pancurbatu, SMA Swasta YAPIM  Sei Glugur, SMA Swasta Methodist Pancurbatu, SMA Swasta Rakyat Sei Glugur, SMA Swasta Era Utama Pancurbatu, SMA Swasta Anastasia dan SMA Swasta Rakyat Pancurbatu. Jumlah sampel yang diteliti adalah 3 buah buku yakni Biologi SMA/MA Kelas XI Pratiwi, Erlangga; Biologi SMA Kelas XI Bagod, Yudhistira dan Biologi SMA Kelas XI Oman, Grafindo Media Pratama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi literasi sains sebagai batang tubuh pengetahuan paling tinggi dan paling dominan dengan   rata-rata sebesar 77,20% dengan kriteria cukup baik, dimensi literasi sains sebagai proses menyelidiki  dengan rata-rata sebesar 11,32% dengan kriteria tidak baik, dimensi literasi sains sebagai cara berpikir  dengan  rata-rata sebesar 3,39% dengan kriteria tidak baik, dimensi literasi sains sebagai hubungan teknologi dan masyarakat dengan rata-rata sebesar 8,09% dengan kriteria tidak baik.

 

Kata Kunci: Literasi Sains, Buku Teks


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v6i1.8900

Article Metrics

Abstract view : 650 times
PDF - 929 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217