PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERINTEGRASI ANIMASI FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS

Henok Siagian, Zones Randy Simatupang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terintegrasi animasi flash terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida Dinamis kelas XI di SMA Negeri 11 Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Control Group Pre-test-Post-test Design. Populasi dalam penelitian  adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 11 Medan yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang untuk kelas eksperimen dan 30 orang untuk kelas kontrol. Sebelum pembelajaran terlebih dahulu dilakukan pretest kepada kedua kelas dimana kemampuan awal kedua kelas sama. Kemudian dilaksanakan pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional di kelas kontrol, dan setelah selesai pembelajaran dilakukan postest. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes essai, sebanyak 8 soal yang terlebih dahulu sudah divalidasikan. Berdasarkan hasil pengolahan data pretest diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 30,91 dan nilai rata-rata kelas kontrol 30,33. Hasil postes diperoleh untuk kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 72,08 dan kelas kontrol diperoleh 61,33. Dari hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh kesimpulan ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terintegrasi animasi flash terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida Dinamis kelas XI di SMA Negeri 11 Medan

Keywords


Model Pembelajaran, Animasi Flash, Fluida Dinamis, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Ardinsyah, N., (2014), Macromedia Flash Profesional, https://inteleccreativemedia.files.wordpress.com/2014/04/macro-media-flash-8-nurdin.pdf, diakses tanggal 5 Januari 2017.

Arikunto, S., (2010), Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Chusni, M. M., (2016), Penerapan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Dengan Metode Pictorial Riddle Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa, Jurnal Pendidikan Fisika 4:111-123

Khotimah, R.N.L., dan Partono, (2012), Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Metro Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014, Jurnal Pendidikan Fisika 3:64-72

Kuhlthau, C., (2012), Guided Inquiry Design. A Framework For Inquiry In Your School, Libraries Unlimited, California.

Marsiyah, (2014), The Implementation of “Guided Inquiry Model” On Physics Learning In The 3RD Grade Students Of Science I SMAN 1 Purwoharjo 2013/2014, Saintifika 16:40-50

Sabri, A., (2014), Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching, Penerbit Quantum Teaching, Padang.

Sagala, S., (2012), Konsep dan Makna Pembelajaran,Penerbit Alfabeta, Bandung.

Sanjaya, W., (2011), Kurikulum Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Prenada Media Group, Jakarta.

Sudarmini, Yuyu, Kosim, dan Aos Santoso Hadiwijaya, (2015), Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing dengan Menggunakan LKS untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Ditinjau dari Sikap Ilmiah Siswa Madrasah Aliyah Qamarul Huda Bagu Lombok Tengah, Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA) 1:35-4

Sudjana, (2005), Metode Statistika, Penerbit Tarsito, Bandung.

Sukma, Laili Komariyah, dan Muliati Syam, (2016), Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa, Saintifika 18:59-63

Trianto, (2016), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif, Penerbit Kencana Prenada Media Group, Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v23i1.10000

Article Metrics

Abstract view : 178 times
PDF - 335 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN