PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN INOVATIF MELALUI KEGIATAN LESSON STUDY

Tiar Delimawati Tambunan

Abstract


Peningkatan mutu pembelajaran di dalam kelas, dimana sekelompok guru bekerja secara kolaboratif dan berkelanjutan untuk memperbaiki mutu pembelajaran. Lesson study yang didisain dengan baik akan menjadikan guru yang profesional dan inovatif. Dengan melaksanakan lesson study para guru dapat menentukan kompetensi yang perlu dimiliki siswa, merencanakan dan melaksanakan pembelajaran yang efektif; mengkaji dan meningkatkan pelajaran yang bermanfaat bagi siswa; memperdalam pengetahuan tentang mata pelajaran yang disajikan para guru; menentukan standar kompetensi yang akan dicapai para siswa;  merencanakan pelajaran secara kolaboratif; mengkaji secara teliti belajar dan perilaku siswa; mengembangkan pengetahuan pembelajaran yang dapat diandalkan; dan melakukan refleksi terhadap pengajaran yang dilaksanakan berdasarkan pandangan siswa dan koleganya. Lesson study dapat menjadikan guru sebagai peneliti  pembelajaran yang bermanfaat bagi siswa dan dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Peningkatan aktivitas sebesar 11,09% dari siklus 1 ke siklus 2. Demikian juga dalam proses pembelajaran mulai pendahuluan, isi, penutup dan  penampilan juga meningkat dari siklus 1 ke siklus 2.  Jadi Lesson study dapat meningkatkan kemampuan guru dalam pembelajaran dan meingkatkan aktivitas siswa

Keywords


Lesson study, Pembelajaran, inovatif

Full Text:

PDF

References


Arends, R., (2008), Learning To Teach, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Hamalik, O. 2010. Proses Belajar Mengajar, Bumi Aksara, Jakarta.

Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif, Media Persada, Medan,

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran, Karisma Putra, Bandung.

Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Rineka Cipta, Jakarta.

Slavin., 2009, Cooperatif Learning, Nusa Media, Bandung.

Sudjana., 2005, Metoda Statistika, Tarsito, Bandung.

Sugiono., 2008, Metode Penelitian Pendidikan, Alfabeta, Bandung.

Suprijono, A. 2009. Cooverative Learning. Pustaka Insan Madani. Yogyakarta.

Syah, M. 2010. Psikologi Pendidikan. Rosdakarya, Bandung.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana, Jakarta




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v23i2.10003

Article Metrics

Abstract view : 354 times
PDF - 373 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN

slot gacor slot