EFEK MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK

Ika Trisni Simangunsong

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok gelombang elektromagnetik. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Swasta Raksana Medan yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling terpilih 2 kelas yaitu kelas X-2 sebagai kelas eksperimen dengan model  pembelajaran Mind Mapping dan kelas X-1 siswa sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda berjumlah 20 soal dengan lima option  yang terlebih dahulu diuji cobakan terhadap siswa di luar sampel yang sudah mempelajari materi ini untuk mengetahui validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran soal. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen dan berdistribusi normal.  Berdasarkan hasil uji statistik diperoleh ada  pengaruh yang signifikan model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok gelombang elektromagnetik di Kelas X Semester II SMA Swasta Raksana Medan

Keywords


Mind mapping, hasil belajar, gelombang elektromagnetik

Full Text:

PDF

References


Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif, Media Persada, Medan,

Kurniasih, Imas dan Sani, B. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran, Yogyakarta: Kata Pena.

Mudjiono., Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Pribadi, B. A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Risnawati., Rachmatiah., Wardani, Nurul Kusuma., Subaer. 2015, Penerapan Pembelajaran Aktif Berbasis Mind Mapping untuk Meningkatkan Daya Ingat Siswa dan Hasil Belajar Fisika Untuk Suhu dan Pemuaian pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 24 Makassar, Prosiding Pertemuan Ilmiah XXIX HFI Jateng & DIY, ISSN : 0853-0823

Riswanto, Heri. 2015, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Dengan Metode Pembelajaran Mind Mapping, Jurnal Formatif 5(2): 100-106, 2015, ISSN:2088-351X

Sadirman. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sagala, S. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.

Situmorang, Rappel. 2013. Pengaruh Metode Peta Pikiran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Suhu dan Kalor di SMA Negeri 2 Tebing Tinggi, Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 19, (1), 19-27.

Sudjana., 2015, Metoda Statistika, Tarsito, Bandung.

Suprijono, A. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v23i2.10009

Article Metrics

Abstract view : 433 times
PDF - 495 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN