PENINGKATAN KINERJA GURU PEMBIMBING EKSTRAKURIKULER MELALUI DISKUSI CURAH GAGASAN DI SMP NEGERI 2 JAPARA KABUPATEN KUNINGAN

Halim Purnomo, Dede Dahyo

Abstract


Kegiatan ekstra kurikuler merupakan implementasi dari pembinaan kesiswaan yang termuat pada kegiatan pengembangan diri sekaligus untuk meningkatkan soft skill siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru pembimbing ekstrakurikuler dalam melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 2 Japara Kabupaten Kuningan Jawa Barat melalui diskusi curah gagasan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan sekolah (PTS). Instrumen yang digunakan antara lain penugasan dan observasi. Penugasan merupakan konsekwensi dari tugas dan fungsi guru yang mendapat tugas tambahan sebagai pembimbing ekstrakurikuler. Observasi bertujuan untuk memperoleh gambaran atau data pelaksanaan diskusi curah gagasan dan implementasinya dalam kegiatan ekstrakurikuler. Pelaksanaan penelitian dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II yang dilaksanakan selama 3 bulan. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan kinerja guru pembimbing kegiatan ekstrakurikuler dalam melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 2 Japara Kabupaten Kuningan melalui diskusi curah gagasan.


Keywords


Kinerja Guru; Ekstrakurikuler; Diskusi Curah Gagasan; Soft Skill.

Full Text:

PDF

References


Fattah, N., (2004), Konsep MBS dan Dewan Sekolah, Bandung: Pustaka Bani Quraisy

Rusli, L., (2002), Pengelolaan Interaksi Belajar Mengajar Intrakurikuler, Kokurikuler dan Ekstrakurikuler, Jakarta: Universitas Terbuka.

Suharsimi, (2007), Penelitian Tindakan Sekolah, Makalah pada Bimbingan dan Teknik KTI bagi Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah, Direktorat PMPTK Departemen Pendidikan Nasional.

Syah, M., (2002), Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, PT. Remaja rosda karya, Bandung.

Wahyu, Y., (2005), Konsep Kinerja Guru, Bandung: Al Qaprint Jtg.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v26i1.11847

Article Metrics

Abstract view : 85 times
PDF - 89 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.