PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR SISWA SMA NEGERI 1 POLLUNG

Irwan Susanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model quantum teaching terhadap hasil belajar fisika pada materi pokok suhu dan kalor siswa SMA Negeri 1 Pollung. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas X semester II SMA Negeri 1 Pollung yang berjumlah 240 orang dibagi dalam 8 kelas paralel. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X-2 (sebagai kelas eksperimen) yang diberi perlakuan dengan model quantum teaching dan kelas X-3 (sebagai kelas kontrol) yang diberi perlakuan dengan pembelajaran langsung. Instrumen tes yang digunakan berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 item dengan 5 option yang telah diuji  validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda intrumen.  Hasil penelitian untuk nilai pretes dan postes berdistribusi normal dan  homogen. Dari hasil perhitungan untuk melihat kemampuan awal siswa sebelum diberi perlakuan pengajaran yang berbeda diperoleh  thitung  <  ttabel   (thitung  = 0,470  dan ttabel  = 1,982),  Hal ini menunjukkan kemampuan awal kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah sama. Sedangkan hasil perhitungan untuk melihat kemampuan akhir siswa setelah diberi perlakuan pengajaran yang berbeda diperoleh  thitung  >  ttabel (thitung = 2,480 dan ttabel = 1,671, hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan peggunaan model quantum teaching terhadap hasil belajar fisika pada materi pokok suhu dan kalor siswa SMA Negeri 1 Pollung

Keywords


Model Quantum Teaching, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Agus, T.S. 2007. Sains Fisika 1 SMA/ MA. Jakarta: Bumi Aksara Arikunto, S. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Deporter, B., Reardon, M, dan Singer-Norie Sarah, 2010, Quantum Teaching, Kaifa, Bandung. Djamarah. 2006. Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: Rineka Cipta Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers. Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta Sagala, L. 2009. Pengaruh Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Listik Dinamis di Kelas IX Semester I SMP Swasta HKBP Sidorame Medan T.P 2009/2010. Skripsi Medan: UDA Sudjana. 2002. Metode Statistika. Bandung: Tarsito. Trianto. 2009. Model-model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana Prenada media: Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v24i1.12103

Article Metrics

Abstract view : 279 times
PDF - 225 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.