PENGARUH MODEL INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PENGUKURAN

Fadhilah Nasution, Motlan .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inquiry training terhadap hasil belajar siswa, mengetahui aktivitas belajar siswa selama pembelajaran berlangsung dengan menggunakan model pembelajaran inquiry training. Jenis penelitian ini merupakan quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari empat kelas MIA. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas X MIA-1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 orang dan kelas X MIA-2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 orang yang ditentukan dengan cara Class Random Sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 15 soal dan aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi yang dilakukan oleh dua observer. Untuk menguji hipotesis digunakan uji beda (uji t). Data penelitian menunjukkan skor rata-rata pretes kelas eksperimen 34,1 dengan standar deviasi 14,0 dan kelas kontrol diperoleh skor rata-rata pretes sebesar  35,2 dengan standar deviasi 13,6 sedangkan skor rata-rata postest kelas eksperimen 75,0 dengan standar deviasi 12,8 dan kelas kontrol diperoleh skor rata-rata postest sebesar 61,7, dengan standar deviasi 12,2. Kedua kelas berdistribusi normal dan varians kedua kelas homogen. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari 64,0 pada pertemuan pertama menjadi 75,0 pada pertemuan kedua. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t, diperoleh ada pengaruh model inquiry training  terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok pengukuran

Keywords


Inquiry Training, hasil belajar, pengukuran

Full Text:

PDF

References


Ginting, E.M, dan Hasibuan, M.A, (2017), Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Suhu Dan Kalor, Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, Vol. 23(1): 55-61, Hani, Wardah. F., Indrawati., dan Subiki., (2016), Pengaruh Model Inquiry Training Disertai Media Audiovisual terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA (Fisika) di MTS, Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol 4 (4) Hutabarat, F. Irawani dan Juliani, R., (2017), Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pengukuran, Jurnal Pendidikan Fisika, Vol 6 (1) Hutahaean, J., dan Lubis, Atikah. P., (2016), Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Fluida Statis Kelas X Semester II Di SMA Negeri 1 Stabat T.P. 2015/2016, Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, Vol 2 (1) Lubis, R. H., (2017), Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Ditinjau dari Adversity Quotient Siswa, Jurnal Pendidikan Fisika, Vol 6 (1)

Lumban Gaol, D, Kristin dan Makmur Sirait, (2014), Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Menggunakan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Siswa, Jurnal Inpafi Vol. 2, No. 2 Purwanto., dan Mawaddah, Arini. Ulfah., (2015), Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa, Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, Vol 1 (1)

Wahyuni, I., dan Sipapaga, Desri. S., (2015), Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Listrik dinamis, Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, Vol 1 (1)

Sani, R.A dan Handayani, S, (2018), Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Berbantu Media Pembelajaran Audiovisual Fisika Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA, Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, Vol.4 (2)




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v24i1.12164

Article Metrics

Abstract view : 207 times
PDF - 128 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.