PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DI KELAS XI SMA DARMA PANCASILA

Husniyati Batubara, Jurubahasa Sinuraya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuri terbimbing.
Desain penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain
kelompok pretes-postes . Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Dharma Pancasila. Pengambilan sampel penelitian dengan menggunakan cluster random sampling yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah siswa 62 orang siswa. Penelitian ini menggunakan kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas XI MIA 1 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes keterampilan proses sains dalam bentuk essay dengan jumlah soal 8 buah yang telah di validasi oleh validator. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan keterampilan proses sains siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan model inkuiri terbimbing lebih baik dari kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional


Keywords


Inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains

Full Text:

PDF

References


Deta, U. A. S, dan Widha, S., (2013),

Pengaruh Metode Inkuiri Terbimbing

Dan Proyek Krevitas, Serta

Keterampilan Proses Sains Terhadap

Prestasi Belajar Siswa, Vol 9. ISSN

-1246

Fatmi, N., dan Sahyar, (2014), Pengaruh

Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dan

Kreavitas Terhadap Keterampilan

Proses Sains Pada Siswa SMA. Jurnal

Pendidikan Fisika, Vol 3 No 1. ISSN.

-7652

Gultom, M., dan Sinuraya, J., (2016),

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri

Berbasis Pictorial Riddle Dan Berpikir

Kritis Terhadap Hasil Belajar Fisika

Siswa SMAN 17 Medan T.P. 2015/2016,

Jurnal Inpafi

Pasaribu, S. R. G., dan Situmorang, R., (2016),

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri

Terbimbing Terhadap Keterampilan

Proses Sains Siswa Pada Materi Pokok

Suhu Dan Kalor Di Kelas X Semester II

SMA Negeri 1 Percut Seituan T.P.

/2016, Jurnal Inpafi, Vol 4, No 4

Husamah, dan Setianingrum, Y., (2013),

Desain Pembelajaran Berbasis

Pencapaian Kompetensi, Prestasi

Pustakarya, Jakarta

Khan, M., and Iqba, M. Z., (2011), Effect Of

Inquiry Lab Teaching Method On The

Development Of Scientific Skills

Thorough The Teaching Of Biology In

Pakistan, Languange In India, 11 (1).

Marnita, (2013), Peninngkatan Keterampilan

Proses Sains Melalui Pembelajaran

Kontektual Pada Mahasiswa Semster I

Materi Dinamika, Jurnal Pendidikan

Fisika Indonesia, Vol 9. ISSN 1693-1246

Nainggolan, S. A. Dan Sinuraya, J., (2016),

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri

Terbimbing (Guided Inquiry)

Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada

Materi Fluida Dinamis Di Kelas XI

SMA Swasta Al Hidayah Medan T.P

/2015,Jurnal Inpafi, Vol 4 No 2

Ngalimun, (2012), Stretegi Pembelajaran

Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta

Rustaman, N., (2008), Strategi Belajar

Mengajar Biologi, Penerbit JICA

Jakarta

Sanjaya, W., (2010), Strategi Pembelajaran

Berorietai Standar Proses. Pendidikan

Kencana Prenada, Media Group,

Jakarta

Sheeba, M., N., (2013), An Anatomy of

Science Process Skills In The Light Of

The Challenges to Realize Science

Instruction Leading To Global

Excellence in Education, 2(4).

Simbolon, D. H., (2015), Pengaruh Model

Pembelajaran Inkuiri Terbimbing

Berbasis Eksperimen Rill Dan

Laboratorium Virtual Terhadap

Hasil Belajar Fisika, Jurnal

Pendidikan Dan Kebudayaan, Vol.

Nomor 3




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v24i2.13934

Article Metrics

Abstract view : 216 times
PDF - 143 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.