PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DI KELAS XI SMA DARMA PANCASILA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuri terbimbing.
Desain penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain
kelompok pretes-postes . Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Dharma Pancasila. Pengambilan sampel penelitian dengan menggunakan cluster random sampling yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah siswa 62 orang siswa. Penelitian ini menggunakan kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas XI MIA 1 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes keterampilan proses sains dalam bentuk essay dengan jumlah soal 8 buah yang telah di validasi oleh validator. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan keterampilan proses sains siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan model inkuiri terbimbing lebih baik dari kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Deta, U. A. S, dan Widha, S., (2013),
Pengaruh Metode Inkuiri Terbimbing
Dan Proyek Krevitas, Serta
Keterampilan Proses Sains Terhadap
Prestasi Belajar Siswa, Vol 9. ISSN
-1246
Fatmi, N., dan Sahyar, (2014), Pengaruh
Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dan
Kreavitas Terhadap Keterampilan
Proses Sains Pada Siswa SMA. Jurnal
Pendidikan Fisika, Vol 3 No 1. ISSN.
-7652
Gultom, M., dan Sinuraya, J., (2016),
Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri
Berbasis Pictorial Riddle Dan Berpikir
Kritis Terhadap Hasil Belajar Fisika
Siswa SMAN 17 Medan T.P. 2015/2016,
Jurnal Inpafi
Pasaribu, S. R. G., dan Situmorang, R., (2016),
Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri
Terbimbing Terhadap Keterampilan
Proses Sains Siswa Pada Materi Pokok
Suhu Dan Kalor Di Kelas X Semester II
SMA Negeri 1 Percut Seituan T.P.
/2016, Jurnal Inpafi, Vol 4, No 4
Husamah, dan Setianingrum, Y., (2013),
Desain Pembelajaran Berbasis
Pencapaian Kompetensi, Prestasi
Pustakarya, Jakarta
Khan, M., and Iqba, M. Z., (2011), Effect Of
Inquiry Lab Teaching Method On The
Development Of Scientific Skills
Thorough The Teaching Of Biology In
Pakistan, Languange In India, 11 (1).
Marnita, (2013), Peninngkatan Keterampilan
Proses Sains Melalui Pembelajaran
Kontektual Pada Mahasiswa Semster I
Materi Dinamika, Jurnal Pendidikan
Fisika Indonesia, Vol 9. ISSN 1693-1246
Nainggolan, S. A. Dan Sinuraya, J., (2016),
Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri
Terbimbing (Guided Inquiry)
Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada
Materi Fluida Dinamis Di Kelas XI
SMA Swasta Al Hidayah Medan T.P
/2015,Jurnal Inpafi, Vol 4 No 2
Ngalimun, (2012), Stretegi Pembelajaran
Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta
Rustaman, N., (2008), Strategi Belajar
Mengajar Biologi, Penerbit JICA
Jakarta
Sanjaya, W., (2010), Strategi Pembelajaran
Berorietai Standar Proses. Pendidikan
Kencana Prenada, Media Group,
Jakarta
Sheeba, M., N., (2013), An Anatomy of
Science Process Skills In The Light Of
The Challenges to Realize Science
Instruction Leading To Global
Excellence in Education, 2(4).
Simbolon, D. H., (2015), Pengaruh Model
Pembelajaran Inkuiri Terbimbing
Berbasis Eksperimen Rill Dan
Laboratorium Virtual Terhadap
Hasil Belajar Fisika, Jurnal
Pendidikan Dan Kebudayaan, Vol.
Nomor 3
DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v24i2.13934
Article Metrics
Abstract view : 216 timesPDF - 143 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.