PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS XI SMA NUSANTARA LUBUK PAKAM

Irwan Susanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar pada materi pokok fluida statis di kelas XI SMA Nusantara Lubuk Pakam. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Nusantara Lubuk Pakam yang terdiri dari 3 kelas paralel dengan jumlah populasi sebanyak 112 orang. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yang diambil dengan cara cluster random sampling, yaitu kelas XI-MIA 1 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran Problem solving berjumlah 36 orang dan kelas XI-MIA2 sebagai kelas kontrol yang diberi model konvensional berjumlah 36 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar yang terdiri dari 20 soal dengan 5 pilihan yang sebelumnya telah diuji cobakan terhadap siswa di luar sampel untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran tes dan daya pembeda. Sebelum diberi perlakuan, kedua kelas diuji untuk mengetahui kemampuan awal, dimana nilai rata-rata pretes kelas eksperimen = 36,94, SD = 8,30 dan kelas kontrol = 36,80, SD = 9,59 dengan uji t dua pihak diperoleh kemampuan awal kedua kelas adalah sama. Selanjutnya diberikan perlakuan yang berbeda, kemudian setelah dilakukan postes diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 77,77 dan kelas kontrol 69,30. Dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t satu pihak dengan = 0,05 diperoleh hasil bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar pada materi pokok fluida statis di kelas XI SMA Nusantara Lubuk Pakam

Keywords


Problem Solving, Hasil Belaja, Fluida Statis .

Full Text:

PDF

References


Arikunto,(2012), Dasar-Dasar Evaluasi

Pendidikan, Bumi Aksara:Jakarta

Djamarah, B, dan Zain, A, (2006), Starategi

Belajar Mengajar, Reneka Cipta: Jakarta.

Hamalik,O,(2005), Model Belajar dan

Kesulitan-kesulitan Belajar, Penerbit

Tarsito, Bandung.

Kanginan, M, (2006), Fisika untuk SMA Kelas

XI, Erlangga:Jakarta.

Mudjiono dan Dimyanti, (2006), Belajar dan

Pembelajaran, Reneka Cipta: Jakarta

Sagala, (2009) Konsep dan Makna Pembelajaran,

Alfabeta: Bandung

Sanjaya W (2006) Strategi Pembelajaran

Berorientasi Standar Proses Pendidikan,

Kencana prenada media: Jakarta.

Slameto, (2010), Belajar dan faktor- faktor yang

mempengaruhinya, Rineka Cipta: Jakarta

Sudjana, (2002), Model Statistika, Tarsito:

Bandung




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v24i2.13944

Article Metrics

Abstract view : 173 times
PDF - 120 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.