PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS XI SMA NUSANTARA LUBUK PAKAM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar pada materi pokok fluida statis di kelas XI SMA Nusantara Lubuk Pakam. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Nusantara Lubuk Pakam yang terdiri dari 3 kelas paralel dengan jumlah populasi sebanyak 112 orang. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yang diambil dengan cara cluster random sampling, yaitu kelas XI-MIA 1 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran Problem solving berjumlah 36 orang dan kelas XI-MIA2 sebagai kelas kontrol yang diberi model konvensional berjumlah 36 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar yang terdiri dari 20 soal dengan 5 pilihan yang sebelumnya telah diuji cobakan terhadap siswa di luar sampel untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran tes dan daya pembeda. Sebelum diberi perlakuan, kedua kelas diuji untuk mengetahui kemampuan awal, dimana nilai rata-rata pretes kelas eksperimen = 36,94, SD = 8,30 dan kelas kontrol = 36,80, SD = 9,59 dengan uji t dua pihak diperoleh kemampuan awal kedua kelas adalah sama. Selanjutnya diberikan perlakuan yang berbeda, kemudian setelah dilakukan postes diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 77,77 dan kelas kontrol 69,30. Dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t satu pihak dengan = 0,05 diperoleh hasil bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar pada materi pokok fluida statis di kelas XI SMA Nusantara Lubuk Pakam
Keywords
Problem Solving, Hasil Belaja, Fluida Statis .
Full Text:
PDFReferences
Arikunto,(2012), Dasar-Dasar Evaluasi
Pendidikan, Bumi Aksara:Jakarta
Djamarah, B, dan Zain, A, (2006), Starategi
Belajar Mengajar, Reneka Cipta: Jakarta.
Hamalik,O,(2005), Model Belajar dan
Kesulitan-kesulitan Belajar, Penerbit
Tarsito, Bandung.
Kanginan, M, (2006), Fisika untuk SMA Kelas
XI, Erlangga:Jakarta.
Mudjiono dan Dimyanti, (2006), Belajar dan
Pembelajaran, Reneka Cipta: Jakarta
Sagala, (2009) Konsep dan Makna Pembelajaran,
Alfabeta: Bandung
Sanjaya W (2006) Strategi Pembelajaran
Berorientasi Standar Proses Pendidikan,
Kencana prenada media: Jakarta.
Slameto, (2010), Belajar dan faktor- faktor yang
mempengaruhinya, Rineka Cipta: Jakarta
Sudjana, (2002), Model Statistika, Tarsito:
Bandung
DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v24i2.13944
Article Metrics
Abstract view : 173 timesPDF - 120 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.