HUBUNGAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PASSING BAWAH BOLA VOLI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD

Janwar Frihasan Sinuraya

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi dan hasil belajar pada materi passing bawah bola voli menggunakan model pembelajaran tipe STAD. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 17 Medan. Kelas X terdiri atas 9 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling (sampel kelas) sebanyak 2 kelas: 1 kelas sebagai kelas eksperimen dan 1 kelas sebagai kelas kontrol. Data mengenai motivasi siswa diambil melalui instrumen angket yang berisi pertanyaan pilihan ganda sebanyak 40 butir soal yang telah di validasi. Data hasil belajar diperoleh melalui rubrik penilaian hasil belajar dengan skor maksimal 12. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi ganda. Hasil analisis untuk nilai koefisien korelasi (r) 0,40 menunjukkan bahwa indeks kuatnya hubungan korelasi X (Motivasi belajar ) terhadap Y (hasil belajar ) berada dalam kategori sedang.

Keywords


Model pembelajaran kooperatif tipe STAD, Motivasi, Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Damis, & Muhajis, (2018), Analisis

Hubungan Antara Motivasi Belajar

Dengan Hasil Belajar Siswa Pada

Sekolah Dasar Negeri 3 Allakuang

Kecamatan Maritengngae Kabupaten

Sidenreng Rappang, Jurnal Idaarah, Vol.

II, No. 2.

Husdarta, (2011), Psikologi Olahraga,

Bandung: Alfabeta.

Isjoni, H, (2012), Cooperative Learning

Efektifitas Pembelajaran Kelompok,

Bandung: Alfabeta.

Mylsidayu, A., Tangkudung, J., (2017),

Aspek-Aspek Psikologi Dalam

Olahraga, Bekasi: Cakrawala Cendekia

Nadisah, (1992), Pengembangan Kurikulum

Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

Jakarta: Departemen Pendidikan dan

Kebudayaan Direktorat Jenderal

Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan

Tenaga Kependidikan.

Sani, R. A., (2013), Inovasi Pembelajaran,

Jakarta: Bumi Aksara.

Sari, N., (2018), Analisis Motivasi Belajar

Siswa Dalam Pembelajaran Fisika

Sekolah Menengah Atas, Jurnal

Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 3,

Nomor 1

Sinaga, I. L. A., (2017), Hubungan Motivasi

Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar

Biologi Pada Materi Pokok Sistem

Ekskresi Manusia Kelas Xi Mia Sma

Negeri 16 Medan Jurnal Pelita Pendidikan

Vol. 5 No. 2

Slavin, R. E., (2005), Cooperative Learning:

Teori, riset dan Praktik Bandung: Nusa

Media.

Sugiyono, 2005. Pokok Pokok Materi Statistik

. Penerbit Andi, Jakarta.

Suviana, (2012), Hubungan Kausal antara

Motivasi Internal dan Kesiapan Belajar

dengan Hasil Belajar Kognitif pada Mata

Pelajaran Biologi di SMA Negeri 1

Cawas Tahun Pembelajaran 2011/2012,

Jurnal Bio Pedagogi, Vol.1 No. 1.

Ulfah K. R., (2016), Hubungan Motivasi

Dengan Hasil Belajar IPS, Jurnal

Pendidikan: Teori, Penelitian, dan

Pengembangan, Vol.1 No. 8

Usman, H., (2010), Manajemen: teori, praktik,

dan riset pendidikan, Jakarta: Bumi

Aksara.

Yuliany, N., (2018), Hubungan Antara

Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa

SDN Emmy Saelan Makassar Jurnal

Pendidikan Dasar Islam, Vol. 5 No. 2.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v24i2.13945

Article Metrics

Abstract view : 318 times
PDF - 334 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.