DESAIN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA FKIP UHN

Adi Suarman Situmorang, Sanggam P Gultom

Abstract


Penelitian ini termasuk penelitian jenis eksperimental bersifat quasi eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah One- shot case study adalah sekolompok sampel dikenai perlakuan tertentu (variabel bebas) kemudian dilakukan pengukuran terhadap variabel tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh desain model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap pemahaman konsep mahasiswa FKIP UHN. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain model pembelajaran yang telah dirancang telah baik untuk digunakan karena hasil obsevasi kemampuan dosen mengajar dan aktivitas aktif mahasiswa memiliki rata-rata 4.36 atau berada pada kategori sangat baik. Desain model pembelajaran CPS berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep tetapi pengaruhnya terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep mahasiswa hanya 20,82% dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain

Keywords


Model Pembelajaran CPS, Pemahaman Konsep.

Full Text:

PDF

References


Arends, Richard I. (2008). Learning To Teach

(Belajar Untuk Mengajar) Edisi ke Tujuh.

Yokyakarta: Pustaka Pelajar.

Dahar, R.W. (1988). Teori-teori Belajar. Jakarta:

P2LPTK.

Donal J.T. dkk. 2005. Creative Problem Solving

an introduction 4thedition. Wacao-Texas:

Prufrock Press Inc.

Friska, Siahaan. 2015. Pendekatan

Pembelajaran Metakognitif Dengan

Menekankan Aspeke Analogi Untuk

Meningkatkan Kemampuan Berpikir

Kritis Pada Mata Kuliah Kapita Selekta

Matematika Di Prodi Matematika FKIP

Universitas HKBP Nommensen Medan:

JSP 4(2). https://jsp.uhn.ac.id

Laras, E. S. dkk. Sujadi. 2014. Upaya

Meningkatkan Keaktifan dan

Pemahaman Konsep Matematika Siswa

Melalui Creative Problem Solving Siswa

Kelas XI-IPA1 SMA Negeri 1 Imogiri.

Jurnal Penelitian dan Pengembangan

Pendidikan.

Nainggolan Candra. 2016. Uji Komparasi

Antara Kemampuan Penalaran

Matematis Mahasiswa Yang Berasal

Dari Lulusan SMA IPA Dan Bukan IPA

pada Mata Kuliah Kalkulus II: JSP 4(2).

https://jsp.uhn.ac.id

Rohana. 2011. Pengaruh Pembelajaran Berbasis

Masalah Terhadap Pemahaman Konsep

Mahasiswa FKIP Universitas PGRI.

Palembang :Prosiding PGRI.

Sinaga, Juli A. 2016. Pengaruh model

pembelajaran CORE didukung teori

belaajr Brunner untuk meningkatkan

kemampuan pemahaman konsep.

Medan: JPMT 2(1).

https://jpmt.uhn.ac.id

Siswoyo, Dwi, dkk, ilmu Pendidikan.

Yogyakarta: UNY, 2008.

Situmorang, Adi S. 2017. Efektivitas Model

Pembelajaran Berbasis Masalah

Terhadap Kemampuan Pemahaman

Konsep Matematis. Medan: JPMT 3(1).

https://jpmt.uhn.ac.id

Situmorang, Adi S. 2017. Efektivitas Model

Pembelajaran Creative Problem Solving

Dan Contextual Teaching And Learning

Terhadap Kemampuan Pemahaman

Konsep Matematis Mahasiswa FKIP

UHN: JSP 4(1). https://jsp.uhn.ac.id

Situmorang, Adi S. 2018. Desain Model

Pembelajaran Creative Problem Solving

Terhadap Kemampuan Pemahaman

Konsep: JPMT 4(2).

https://jpmt.uhn.ac.id

Trianto . 2010. Mendesain Model Pembelajaran

Inovatif-Progresif. Jakarta: PT. Kencana.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v24i2.13949

Article Metrics

Abstract view : 610 times
PDF - 723 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.