PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS FISIKA SISWA DI SMK SWASTA YAPIM TARUNA

Richie Erina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa di SMK Swasta Yapim Taruna. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pemebelajaran inkuri terbimbing terhadap keterampilan proses sains fisika. Instrumen yang digunakan berjumlah 21 butir soal pilihan ganda yang telah divalidasi. Dari hasil analisis data dengan uji t dua pihak diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains fisika siswa di SMK Swasta Yapim Taruna

Keywords


Inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains

Full Text:

PDF

References


Anurahman, 2012. Belajar Dan

Pembelajaran, Alfabeta, Bandung

Arikunto S, 2016. Dasar-dasar Evaluasi

Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta.

Aydin, A. (2013). Representation of science

process skills in the chemistry

curricula for grades 10, 11 and

/Turkey. International Journal of

Education and Practice, 2013.

http://www.aessweb.com/pdffiles/ijep%201(5),%2051-63.pdf

Hamruni, 2013. Strategi Pembelajaran,

Insan Madani, Yogyakarta.

Keil, C., Haney, J., & Zofel, J. (2009).

Improvements in student

achievement and science process

skills. using environmental health

science problem-based learning

curricula. Electronic Journal of Science

Education. Volume 13, No. 1.

Kuhlthau, C.C., Maniotes, L.K., dan Caspari,

A.N., (2007), Guided Inquiry,

Libraries Unlimited, London

Llewellyn, D. (2011). Differentiated science

inquiry.Corwin:A Sage Company.

Maniotes, K. L &Kuhltau, C. C. (2014).The

shift from traditional research

assigments to guiding inquiry

learning.Journal American Literacy

Association.Volume 43, No

http://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ104593

pdf.

Marpaung,RM dan Makmur Sirait, (2016),

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri

Terbimbing Terhadap Hasil Belajar

Siswa pada Materi Pokok Suhu Dan

Kalor Di SMA Negeri 1 Rantau Utara,

Jurnal Inpafi, Vol. 4. No. 1, Februari

https://jurnal.unimed.ac.id/201

/index.php/inpafi/article/view/543

/8208

Rusman, 2014. Model-model

Pembelajaran, Raja Grafindo,

Bandung.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v24i2.13952

Article Metrics

Abstract view : 101 times
PDF - 67 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.