UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU KELAS DALAM MENGEMBANGKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN STANDAR PROSES

Ernawati .

Abstract


Belajar mengajar merupakan suatu proses pencipta kondisi belajar dimana guru bertanggung jawab terhadap pendidikan siswanya. Oleh sebab itu, guru sebaiknya memiliki tingkat kompetensi yang baik dalam melaksanakan tugasnya sebagai pengajar baik itu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Kompetensi tersebut adalah bagaimana seorang guru mampu menembangkan Silabus dan RPP sesuai dengan standar proses yang telah di tentukan oleh pemerintah melalui peraturan permendikbud Nomor 22 tahun 2016. Kompetensi tersebut diharapkan guru dapat memotivasi siswa untuk belajar lebih baik, sehingga hasil belajar yang diharapkan berupa pencapaian yang memuaskan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan kompetensi guru kelas dalam mengembangkan silabus dan RPP sesuai dengan standar proses. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak 2 siklus, setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu rancangan, kegiatan, dan pengamatan refleksi dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah seluruh guru kelas di SD Negeri 066655 Kec. Medan Sunggal.

Keywords


Kompetensi; Guru; Pengembangan; Silabus; RPP

Full Text:

PDF

References


Burhanuddin., dkk. 2007. Supervisi Pendidikan Dan Pengajaran: Konsep, Pendekatan, dan Penerapan Pembinaan Profesional. Malang: FIP UM

Kunandar. 2007. Guru Profesional Impelementasi KTSP dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Mulyasa, E. 2009. Penelitian Tindakan Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mulyasa, E. 2011. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya---------------, 2012.

Muslim, SB. 2009. Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesionalisme Guru. Bandung: CV Alfabeta.

Suryabrata., 2004. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v26i1.14060

Article Metrics

Abstract view : 63 times
PDF - 54 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.