PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN MEDIA COURSELAB PADA MATERI STRUKTUR ATOM

Gulmah Sugiharti, Yusdita Zen

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Apakah terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dibandingakan dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing menggunakan media Courselab pada materi struktur atom. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling, diperoleh kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen I yang diajarkan dengan model pembelajaran problem based learning dengan media courselab dan kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen II yang diajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Analisis data menggunakan uji t dua pihak pada taraf signifikan 5% dan dk= 58, dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan media Courselab dibandingkan dengan hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan media Courselab pada materi struktur atom. Hal ini dilihat dari harga thitung > ttabel (2,48 > 2,002).


Keywords


Hasil Belajar; Model PBL; Model Inkuiri Terbimbing; Media; Courselab

Full Text:

PDF

References


Adlim, M., Wilyta, I., Hasan, M., (2017), Model Analisis Penyebab Rendahnya Penguasan Konsep Yang Diuji Dalam Ujian Nasional (Kajian Pada Materi Ilmu Kimia Pada Siswa SMA/MA Sekitar Kampus Unsyiah), Jurnal Pencerahan, 11(1), ISSN: 1693-1775.

Amijaya, L. S., dkk., (2018), Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik, Jurnal Pijar MIPA, 13(2), doi: 10.29303/jpm.v13.i2.468.

Assriyanto, K. E., Sukarjo, J. S., Saputro, S., (2014), Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Melalui Metode Eksperimen Dan Inkuiri Terbimbing Ditinjau Dari Kreativitas Siswa Pada Materi Larutan Penyangga Di SMA N 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014, Jurnal Pendidikan Kimia, 3(3), ISSN: 2337-995.

Dea, Y. P., Mulyani, B., Utami, B., (2016), Studi Komparasi Model Pembelajaran Make A Match Dan Talking Stick Dengan Memperhatikan Kemampuan Analisis Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Konsep Mol Kelas X SMA N 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015, Jurnal Pendidikan Kimia, 5(1), ISSN: 2337-9995.

Jumaidil, Gonggo, S. T., & Rahmawati, S., (2013), Peningkatan Hasil Belajar Kimia Menggunakan Multimedia Pada Materi Ikatan Kimia Kelas X SMK Negeri Parigi Selatan, Jurnal Akademika Kimia, 2(1), ISSN: 2302-6030.

Major, T & Mulvihill, T. M., (2017), Problem-Based Learning Pedagogies in Teacher Education: The Case of Botswana, Interdisciplinary Journal Of Problem-Based Learning (IJPBL), 12(1), https://doi.org/10.7771/1541-5015.154.

Novandi, A., (2016), Pengembangan Media Pembelajaran Presentasi Menggunakan Courselab 2.4 Pada Kompetensi Dasar-Dasar Elektronika Digital Di SMK 3 Negeri Surabaya, Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5 (1).

Rahmawati, T., dkk., (2019), Perbandingan Model Problem Based Learning Dan Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa, Jurnal Tadris Kimia, 4(1), doi: https://doi.org/10.15575/jtk.v4il.4329.

Rizka., Said, M., & Irma., (2016), Efektivitas Penggunaan Media Courselab Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa, Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4 (1), ISSN: 2527-3744.

Septia, T., Prahmana, R. C. I., Pebrianto., & Wahyu, R., (2018), Improving Students Spatial Reasoning With Courselab, Journal on Mathematics Education, 9 (2), https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jme/article/view/3462.

Sugiharti, G., (2014), Evaluasi dan Penilaian Hasil Belajar Kimia, Unimed Press, Medan. ISBN :

Sugiharti, G., (2017), Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Dengan Dan Kemampuan Berpikir Logis Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Laju Reaksi, Jurnal Pendidikan Kimia (JPKim), 9(1), doi: https://doi.org/10.24114/jpkim.v9i1.6184.

Widiastuti, V. S., dkk., (2018), Pengaruh Model Pembelajaran Discovery-Inquiry Terbimbing Dan Bebas Termodifikasi Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI Semester Genap SMA N 1 Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017, Jurnal Pendidikan Kimia, 7(2), ISSN: 2337-9995.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v26i1.14701

Article Metrics

Abstract view : 372 times
PDF - 290 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.