DESAIN MODEL PENCAPAIAN KONSEP TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA FKIP UHN

Adi Suarman Situmorang, Friska B. Siahaan

Abstract


Penelitian ini termasuk penelitian jenis eksperimental bersifat quasi eksperimen dengan tujuan untuk memperoleh sebuah desain model pencapaian konsep yang diperoleh untuk dapat meningkatkan minat belajar mahasiswa prodi pendidikan matematika FKIP UHN. Untuk mengetahui persentase pencapaian minat belajar mahasiswa prodi pendidikan matematika FKIP UHN yang diajarkan dengan model pencapaian konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi aktivitas mengajar dosen diperoleh rerata hasil pengamatan sebesar 4,364 yang artinya kemampuan mengajar dosen menggunakan model pencapaian konsep “Sangat Baik” dan dari hasil observasi aktivitas aktif mahasiswa juga diperoleh rerata hasil pengamatan sebesar 4,414 yang artinya aktivitas aktif mahasiswa berada pada kategori “Sangat Baik”. Persentase peningkatan pencapaian minat belajar mahasiswa sebelum dan sesudah pembelajaran model pencapaian konsep untuk indikator perasaan senang adalah 49,22% (sangat baik), Ketertarikan belajar adalah 49,48% (sangat baik), Perhatian belajar adalah 49,48% (sangat baik), dan Keterlibatan belajar adalah 52,34% (sangat tinggi). Hal ini menunjukkan bahwa desain model pembelajaran pencapaian konsep sangat baik digunakan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik


Keywords


odel Pembelajaran Pencapaian Konsep, Minat Belajar

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arends, Richard I., (2008), Learning To Teach (Belajar Untuk Mengajar) Edisi ke Tujuh, Yokyakarta: Pustaka Pelajar.

Eggen, P.D & Kauchak, D.P., (1988), Strategies for teacher: Teaching Content and Thinking Skill, Allyn and Bacon: Boston.

Joyce, Bruce, (2009), Models Of Teaching (Model-Model Pengajaran), Yokyakarta. Pustaka Pelajar

Kemp, J.E., G.R. Morrison, dan S.M. Ross, (1994), Designing Effective Instruction, New York: Macmillan College Publishing Company.

Kuhlthau, C Carol, (2006), Guided Inquiry Learning In The 21 Century, Westport,CT:Libraries Unlimited st

Mikarsa, Hera Lestari dkk. (2009). Pendidikan Anak di SD. Universitas Terbuka. Jakarta

Nainggolan, Sintong. 2015. Upaya Meningkatkan Reativitas Berpikir

Matematis Melalui Model Pembelajaran Pencapaian Konsep Pada

Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bilah Barat. Medan: JSP, 2(1):(65-76).

https://jsp.uhn.ac.id

Nasution. 2000. Didaktik Asas-asas Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Sardiman, 2007, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Bandung: Rajawali Pers

Sianipar, Linda. 2017. Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Medan: JSP, 4(2):(50-62). https://jsp.uhn.ac.id

Sitorus Parlindungan. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Listrik Dinamis Di Kelas X SMA Swasta Parulian 1 Medan: JSP 4(2):(82-91). https://jsp.uhn.ac.id

Situmorang, Adi S. 2013. Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan

Kreativitas Matematis Siswa dengan Menggunakan Model Pencapaian

Konsep. Medan: Jurnal Penelitian bidang Pendidikan, 19(1):(52-59).

Sukardi Dewa Ketut, 1988, Bimbingan dan Konseling, Jakarta: Bina Aksara

Sukardi Dewa Ketut, 2002, Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Prograsif. Jakarta: Kencana.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: Citra Umbara.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v25i1.15533

Article Metrics

Abstract view : 1181 times
PDF - 1401 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
slot gacor slot