DESAIN MODEL PENCAPAIAN KONSEP TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA FKIP UHN
Abstract
Penelitian ini termasuk penelitian jenis eksperimental bersifat quasi eksperimen dengan tujuan untuk memperoleh sebuah desain model pencapaian konsep yang diperoleh untuk dapat meningkatkan minat belajar mahasiswa prodi pendidikan matematika FKIP UHN. Untuk mengetahui persentase pencapaian minat belajar mahasiswa prodi pendidikan matematika FKIP UHN yang diajarkan dengan model pencapaian konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi aktivitas mengajar dosen diperoleh rerata hasil pengamatan sebesar 4,364 yang artinya kemampuan mengajar dosen menggunakan model pencapaian konsep “Sangat Baik” dan dari hasil observasi aktivitas aktif mahasiswa juga diperoleh rerata hasil pengamatan sebesar 4,414 yang artinya aktivitas aktif mahasiswa berada pada kategori “Sangat Baik”. Persentase peningkatan pencapaian minat belajar mahasiswa sebelum dan sesudah pembelajaran model pencapaian konsep untuk indikator perasaan senang adalah 49,22% (sangat baik), Ketertarikan belajar adalah 49,48% (sangat baik), Perhatian belajar adalah 49,48% (sangat baik), dan Keterlibatan belajar adalah 52,34% (sangat tinggi). Hal ini menunjukkan bahwa desain model pembelajaran pencapaian konsep sangat baik digunakan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, M. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Arends, Richard I., (2008), Learning To Teach (Belajar Untuk Mengajar) Edisi ke Tujuh, Yokyakarta: Pustaka Pelajar.
Eggen, P.D & Kauchak, D.P., (1988), Strategies for teacher: Teaching Content and Thinking Skill, Allyn and Bacon: Boston.
Joyce, Bruce, (2009), Models Of Teaching (Model-Model Pengajaran), Yokyakarta. Pustaka Pelajar
Kemp, J.E., G.R. Morrison, dan S.M. Ross, (1994), Designing Effective Instruction, New York: Macmillan College Publishing Company.
Kuhlthau, C Carol, (2006), Guided Inquiry Learning In The 21 Century, Westport,CT:Libraries Unlimited st
Mikarsa, Hera Lestari dkk. (2009). Pendidikan Anak di SD. Universitas Terbuka. Jakarta
Nainggolan, Sintong. 2015. Upaya Meningkatkan Reativitas Berpikir
Matematis Melalui Model Pembelajaran Pencapaian Konsep Pada
Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bilah Barat. Medan: JSP, 2(1):(65-76).
https://jsp.uhn.ac.id
Nasution. 2000. Didaktik Asas-asas Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Sardiman, 2007, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Bandung: Rajawali Pers
Sianipar, Linda. 2017. Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Medan: JSP, 4(2):(50-62). https://jsp.uhn.ac.id
Sitorus Parlindungan. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Listrik Dinamis Di Kelas X SMA Swasta Parulian 1 Medan: JSP 4(2):(82-91). https://jsp.uhn.ac.id
Situmorang, Adi S. 2013. Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan
Kreativitas Matematis Siswa dengan Menggunakan Model Pencapaian
Konsep. Medan: Jurnal Penelitian bidang Pendidikan, 19(1):(52-59).
Sukardi Dewa Ketut, 1988, Bimbingan dan Konseling, Jakarta: Bina Aksara
Sukardi Dewa Ketut, 2002, Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Prograsif. Jakarta: Kencana.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: Citra Umbara.
DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v25i1.15533
Article Metrics
Abstract view : 1181 timesPDF - 1401 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.