ANALISIS KELAYAK ISI BUKU SISWA BAHASA INDONESIA KARYA AGUS TRIANTO, TITIK HARSIATI DAN E. KOSASIH

Tri Putri Ana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi literasi dalam buku siswa bahasa Indonesia kelas IX karya Agus Trianto, Titik Harsiati, dan E. Kosasih. Penerbit buku siswa ialah Pusat Kurikulum dan Pembukuan, Balitbang, Kemendikbud dengan analisis konten yang meliputi beberapa tahapan pengumpulan data, penentuan Sampel, Reduksi, Penarikan Kesimpulan, dan Menceritakan. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku teks pembelajaran Bahasa Indonesia pegangan siswa kelas IX. Literasi membaca berdasarkan aspek pemahaman meliputi, (a) mengakses dan mengambil informasi dari teks; (b) mengintegrasikan dan menafsirkan; (c) merefleksikan dan mengevaluasi teks dari bacaan buku siswa bahasa Indonesia. Hasil penelitian dalam artikel ini menunjukkan bahwa Buku teks pelajaran Bahasa Indonesia pegangan siswa kelas IX Sekolah Menengah Pertama (SMP) terbitan Pusat Kurikulum dan Pembukuan, Balitbang, Kemendikbud merupakan buku teks pelajaran yang berkualitas dan layak untuk dijadikan sebagai buku pegangan siswa kelas IX SMP.

Keywords


Buku teks Bahasa Indonesia, Analisis isi

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2003. Standar Penilaian Buku Pelajaran Sains. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.

Depdiknas, Pedoman Penulisan Buku Pelajaran. 2005. Penjelasan Standar Mutu Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: Pusat Perbukuan.

Nahel, Bintu. 2012. Pengertian Buku Siswa. (Online). (http://www.id.shvoong.com/socialsciences/education/2251813 pengertian-buku-siswa/, diakses 2 Oktober 2013).

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta Bandung.

Tarigan Henry Guntur dan Djago Tarigan. 2009. Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia, Bandung: Angkasa.

Trianto, Agus., Harsiati T., dan Kosasih. 2018. Bahasa Indonesia/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan-Edisi Revisi. Jakarta: Kemdikbud.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v28i1.16153

Article Metrics

Abstract view : 204 times
PDF - 352 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.