ANALISIS KONTEN JURNAL: KOHESI LEKSIKAL DALAM BERITA UTAMA HARIAN RIAU POS DALAM KAJIAN: ONTOLOGI, EPISTIMOLOGI, DAN AKSIOLOGI
Abstract
Tujuan artikel ini untuk mengkritisi penulisan jurnal “Kohesi Leksikal dalam Berita Utama Harian Riau Pos” dengan menggunakan metode kualitatif dan teknik analisis konten yang dikaji dalam ilmu filsafat (ontologi, epistemologi, dan aksiologi). Sumber data pada penelitian ini adalah jurnal yang berjudul “Kohesi Leksikal dalam Berita Utama Harian Riau Pos” karya Christina Hakim Tambunan. Hasil penelitian ini ditemukan hakikat objek ilmu pada jurnal ini dirasa kurang efisien karena sedikit sekali bagian hakikat objek ilmu yang digunakan. Kajian epistemologi pada jurnal ini sudah sesuai, terlihat dari kegiatannya yang diawali dengan langkah-langkah pendahuluan yang di dalamnya terdapat konsep-konsep dasar mengenai ide-ide dengan menggunakan teori yang koherensi dan konsensus, metode yang digunakan sudah sesuai dengan landasan epistemologi, sehingga memberikan asumsi-asumsi dasar dalam memandang pengetahuan dan cara-cara memperolehnya. Dengan demikian, hasil dan pembahasan akan sesuai hakikat dan metode yang digunakan, serta kesimpulan. Nilai yang digunakan adalah nilai bebas mutlak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aritonang, Buha, dkk. 2009. Kohesi Leksikal dalam Editorial Surat Kabar Nasional. Jakarta: Pusat Bahasa.
Chaer, Abdul. 2007. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Djadjasudarma, Fatimah. 1993. Metode Linguistik: Ancaman Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: PT erosco.
Tarigan, Hendry Guntur. 2009. Pengajaran Wacana. Bandung: Angkasa Bandung.
Jalaluddin dan Abdullah Idi. 2007. Filsafat Pendidikan. Yogjakarta: Ar-Ruzz MediaAritonang, Buha, dkk. 2009. Kohesi Leksikal dalam Editorial Surat Kabar Nasional. Jakarta: Pusat Bahasa.
DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v27i2.16165
Article Metrics
Abstract view : 1025 timesPDF - 924 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.